Haid tidak teratur

MANAberita.com — BAGI kaum wanita, haid tidak teratur merupakan mimpi buruk. Pasalnya, darah haid dianggap darah kotor yang tidak dikeluarkan sehingga menimbulkan ketakutan tersendiri.

Haid kamu sering terlambat atau bahkan sama sekali tidak teratur? Jangan anggap remeh, kenali penyebabnya, yuk!

Kapan menstruasi dikatakan tidak teratur?

Siklus menstruasi pada wanita normal biasanya berlangsung setiap 28 hari, kadang kurang atau lebih 7 hari. Menstruasi dikatakan tidak teratur apabila terjadi lebih cepat (21 hari) atau lebih lama, yaitu lebih dari 8 hari dari waktu normal.

Untuk menghitung apakah Anda memiliki menstruasi yang teratur atau sebaliknya, coba hitung tanggal terakhir Anda mengalami menstruasi dan hari pertama Anda menstruasi selanjutnya. Jika terdapat jumlah perbedaan yang signifikan, maka Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Apa penyebab haid tidak teratur?

“Haid yang tidak teratur atau disebut anovulasi terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang cukup parah,” ujar Autry dikutip dari Everyday Health. Dengan jadwal haid yang tidak teratur, Anda mungkin masih bisa berovulasi, namun masa subur Anda setiap bulan tentu akan berbeda. Beberapa hal di bawah ini mungkin menjadi salah satu penyebab haid yang tidak teratur:

Olahraga terlalu berat dan diet berlebihan
Berolahraga terlalu banyak akan menunda waktu haid dan kadang menghentikan proses keluarnya darah haid. Inilah mengapa atlet memiliki periode haid yang tidak teratur menurut Auntry.

Tertekan atau stres
Cemas berlebihan dapat mempengaruhi hormon Anda, sehingga berdampak pada siklus menstruasi.

Pil KB
Bagi pasangan yang menerapkan KB, maka hal tersebut dapat mengubah siklus haid Anda setiap bulan.

Sindrom Ovarium Polikristik (PCOS)
Kondisi medis ini ditandai dengan terbentuknya krista kecil pada indung telur, yang dapat mengganggu proses haid secara teratur. Wanita yang menderita PCOS biasanya memiliki riwayat haid yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, PCOS dapat meningkatkan peluang penyakit diabetes dan serangan jantung.

Usia
Bagi wanita yang menginjak remaja, akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun hal ini hanya akan berlangsung sementara. Jika mereka sudah menginjak dewasa, maka biasanya haid akan berlangsung secara teratur.

Baca Juga
Wow!! Ternyata Buah Sawo Punya Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan
Yuk, Bikin Milo Cube Sendiri! Murah, Mudah dan Sama Enaknya
Bunda, Senakal-Nakalnya Anak, Jangan Pernah Katakan Hal ini

Apakah siklus haid tidak teratur benar-benar mengkhawatirkan?

Siklus haid yang tidak teratur merupakan pertanda bahwa Anda harus mendapatkan perhatian medis. Autry menuturkan jika Anda sering mengalami siklus haid yang tidak teratur, Anda harus memeriksakan diri ke dokter, agar tidak terkena penyakit PCOS. Autry juga menyarankan agar Anda memeriksa kemungkinan terjadinya gangguan hormon tiroid.

Bagi Anda para wanita, siklus haid yang tidak teratur ternyata dapat menyebabkan Anda sulit untuk hamil, terutama jika Anda tidak berovulasi selama satu bulan. Oleh karena itu, para wanita yang sulit hamil karena haid yang tidak teratur, memerlukan bantuan dokter untuk mengonsumsi obat kesuburan. (Dil)