Wow! Bagaikan di Eropa, Dieng Ditutupi Salju, Suhunya Bahkan Sampai Segini

  • Jum'at, 06 Juli 2018 - 14:17 WIB
  • Viral
Wow! Bagaikan di Eropa, Dieng Ditutupi Salju, Suhunya Bahkan Sampai Segini
Wow! Bagaikan di Eropa, Dieng Ditutupi Salju, Suhunya Bahkan Sampai Segini

MANAberita.com — BEREDAR foto kawasan dataran tinggi Dieng ditutupi salju. Banyak yang mengira jika potret tersebut editan, namun rupanya benar-benar terjadi.

Salju-salju ini berasal dari embun yang membeku karena suhu yang turun drastis. Dataran Tinggi Dieng sendiri merupakan kawasan vulkanik aktif di propinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letak persisnya adalah berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Mengutip Bonsaibikers, Dataran tinggi ini memiliki ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Pada umumnya di daerah ini suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Nah ketika pada musim kemarau dimana matahari pas berada di titk jauh utara, jauh dari selatan Indonesia yaitu pada Juli dan Agustus terjadilah titik terdingin.

 

Baca Juga:
Hina Habib Rizieq di Facebook, Pria ini Tewas Tenggelam

 

 

Baca Juga:
Permintaan Pendeta Saifuddin Ibrahim Hapus 300 Ayat Al-Qur’an, PGI: Hanya Cari Sensasi!

Nah, saat itulah suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Ya sebetulnya udara dingin ini tak hanya di Dieng, di banyak tempat, khususnya bagian selatan Indonesia, misalnya Jawa mengalami suhu yang amat dingin khususnya pada lewat tengah malam hingga pagi hari. (Dil)

Komentar

Terbaru