Bubur sumsum

MANAberita.com — BUBUR sumsum merupakan makanan tradisional yang memiliki tekstur lembut dengan rasa yang khas. Warnanya yang putih bersih menjadi asal-usul munculnya nama bubur sumsum.

Kebanyakan orang mengonsumsinya saat sakit atau ketika ada acara tertentu. Sebenarnya enak juga lho buat sarapan atau camilan saat kumpul bareng keluarga. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep di bawah ini, dilansir dari Popbela.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

Sumsum:

1 liter santan

1/2 sendok teh garam

100 gram tepung beras

2 lembar daun pandan

Kuah gula:

300 gram gula merah

2 lembar daun pandan

2 sendok teh gula pasir

300 ml air

  1. Bagi santan menjadi dua bagian

Bagi santan menjadi dua bagian, masing-masing 500 ml. Untuk bagian pertama, tuang santan ke dalam panci yang sudah disiapkan. Masukkan dua lembar daun pandan bersama dengan garam ke dalamnya, lalu didihkan.

  1. Campur kedua bagian santan ke dalam panci

Tuang santan yang tersisa ke dalam mangkuk besar, kemudian tambahkan tepung beras. Setelah itu, aduk hingga merata, pastikan tidak ada yang bergelembung.

Saat santan di panci sudah mendidih, kecilkan apinya dan tuang campuran santan tepung beras. Aduk hingga bubur meletup-letup, lalu matikan.

  1. Membuat kuah gula merah

Pertama, iris gula merah supaya mudah tercampur. Setelah itu, masukkan ke dalam panci yang telah dipanaskan dan tuang air ke dalamnya. Tambahkan dua lembar daun pandan, lalu aduk hingga gula merah larut.

Baca Juga
Chicking, Restoran Halal yang Membuatmu Merindukan Tanah Arab
Sarapan Mewah dan Murah! Yuk Cobain Resep Pizza Singkong Bumbu Sambal Goreng
Resep Fire Chicken Ala Richeese, Bikin Buka Puasamu Kembali Bersemangat
  1. Sajikan selagi hangat!

Sebelum disajikan, tuang bubur dari panci ke dalam mangkuk kecil. Setelah itu, siram bubur dengan kuah gula merah sesuai selera. Bubur sumsum siap disajikan untuk disantap bersama keluarga!

Dengan resep bubur sumsum di atas, hari-harimu dijamin jadi lebih ceria, deh. Selamat mencoba! (Dil)