Ilustrasi perut buncit

MANAberita.com – PERUT buncit dapat terjadi bukan hanya pada orang yang memiliki tubuh besar, namun juga dapat terjadi pada orang kurus karena lemak yang menimbun di perut. Memiliki perut buncit mungkin akan memengaruhi penampilan Anda, karena itu ketahuilah cara mengatasi perut buncit dalam 1 minggu, penyebab perut buncit, dll.

Penyebab Perut Buncit

Sebelum Anda menerapkan cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu, ketahui terlebih dahulu penyebab perut buncit yang umumnya terjadi.

Berikut ini adalah penyebab perut buncit, yaitu:

Pola makan yang tidak teratur

Kurang olahraga

Stres

Faktor genetik

Kurang tidur

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Makan terlalu malam

Intoleransi laktosa

Sindrom usus yang teriritasi

Faktor usia

Penyebab perut buncit yang paling umum adalah karena pola makan yang tidak teratur seperti makan terlalu malam atau makan sebelum tidur dimana tubuh sudah lelah dan tidak memiliki waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu

Bukan hanya demi menunjang penampilan, mengecilkan perut buncit juga penting untuk mengurangi risiko berbagai penyakit akibat timbunan lemak. Nah, bila Anda menginginkan perut rata, berikut ini adalah cara mengecilkan perut buncit dengan cepat, yaitu:

  1. Hitung Kalori Harian

Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat adalah dengan menghitung asupan kalori harian Anda. Anda tidak boleh makan makanan dengan total kalori yang berlebih karena itu akan menambah berat badan. Namun, bukan berarti Anda harus diet ketat dan sama sekali tidak mengkonsumsi kalori.

Kurangi asupan kalori harian Anda, namun jangan berlebihan. Kalori ideal untuk diet adalah 500–1,000 kalori per hari dengan ekspektasi penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kilogram per minggu.

Contoh makanan rendah kalori adalah kentang rebus, telur, ikan keju, sup kaldu, oatmeal, dll. Anda dapat menghitung kalori makanan-makanan sehat tersebut untuk menu diet Anda.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup setiap hari dapat melancarkan metabolisme, mencegah sembelit, serta mengurangi perut kembung. Bila kondisi tersebut dapat diatasi, perut buncit Anda akan mengecil secara natural karena tidak ada penumpukan lemak.

Selain itu, minum air putih sebelum makan juga akan membuat Anda lebih cepat kenyang dan penyerapan nutrisi lebih maksimal, maka secara otomatis membuat perut Anda dapat dikontrol dan tidak buncit lagi.

  1. Kurangi Gas di Perut

Penyebab perut buncit paling umum adalah karena adanya gas yang mengandung karbon dioksida yang mengendap di perut. Gas-gas tersebut yang menyebabkan perut kembung dan terlihat buncit

Gas-gas tersebut umumnya berasal dari konsumsi soda, alkohol, minuman berkarbonasi, serta mengunyah permen karet. Bila Anda ingin perut rata, sebaiknya kurangi minuman berkarbonasi dan jangan mengunyah permen karet terlalu lama.

  1. Makan Serat Lebih Banyak

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak asupan serat, terutama serat larut. Manfaat serat adalah untuk melancarkan pencernaan, menyerap mineral, serta mengurangi jumlah kalori yang dapat diserap tubuh Anda.

Setiap 10 gram konsumsi serat dapat mengurangi lemak di bagian perut sebanyak 3,7% dalam jangka waktu yang berkelanjutan. Sumber makanan yang mengandung serat adalah oatmeal, gandum, alpukat, kacang-kacangan, dll.

  1. Konsumsi Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dapat dikategorikan sebagai lemak baik yang tidak membuat Anda gendut.

Menurut penelitian, asam lemak tak jenuh tunggal dapat mencegah penumpukan lemak berbahaya di perut, mengecilkan perut buncit, serta mengurangi risiko obesitas. Sumber makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal adalah alpukat, daging sapi, daging olahan, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.

  1. Gunakan Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah untuk mengecilkan perut buncit. Kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat mengurangi penumpukan lemak di perut yang merupakan lemak paling berbahaya di tubuh.

Sebuah penelitian pernah dilakukan pada pria gemuk. Ia meminum satu sendok makan sari cuka apel setiap hari selama 12 minggu dan hasilnya adalah ukuran pinggang pria tersebut berkurang sekitar 1,4 cm, namun penelitian ini masih membutuhkan uji klinis lebih lanjut.

  1. Konsumsi Protein

Protein adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk massa otot, bukan lemak, sehingga berat badan Anda adalah berat massa otot, bukan lemak yang menimbun. Mengkonsumsi asupan protein yang cukup juga membuat Anda kenyang lebih lama.

Jadi, cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu adalah dengan makan protein yang cukup seperti, susu, telur, daging sapi, susu, yogurt, dada ayam, ikan tuna, dll.

  1. Kurangi Stres

Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat adalah dengan mengurangi tingkat stres Anda. Stres telah dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit, penimbunan lemak salah satunya.

Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki tingkat stres tinggi memproduksi hormon kortisol atau hormon stres yang membuat nafsu makan tinggi, sehingga orang tersebut cenderung makan lebih banyak walaupun tidak lapar hanya sebagai media pelampiasan emosinya.

Akibatnya adalah perut jadi buncit dan pola hidup yang berantakan. Cara mengatasi stres adalah dengan meditasi, olahraga, melakukan kegiatan lain, dll.

Itulah cara mengecilkan perut buncit dengan cepat. Anda harus mengatur menu diet Anda serta mengurangi tingkat stres. Untuk hasil yang lebih sempurna, ketahui juga cara mengecilkan perut dalam 1 minggu dengan cara berolahraga.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

Berikut ini adalah cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu dengan olahraga, yaitu:

  1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Penelitian membuktikan bahwa berjalan kaki cepat selama 30-40 menit atau sekitar 7.500 langkah per hari dapat mengurangi lemak di sekitar perut dan pinggang secara efektif.

  1. Lakukan Gerakan Kardio

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu adalah dengan melakukan olahraga kardio atau latihan aerobik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa latihan kardio adalah cara paling efektif untuk membakar kalori, mengencangkan bagian otot perut, mengecilkan ukuran pinggang, dan meratakan perut.

Studi merekomendasikan untuk latihan kardio selama 20-40 menit per hari. Contoh latihan kardio adalah berjalan kaki, renang, lompat tali, bersepeda, berlari, jalan cepat, zumba, dll.

  1. Latihan Otot Inti

Latihan otot inti adalah latihan untuk membakar kalori dan membentuknya menjadi otot yang meliputi otot perut dan otot punggung. Contoh latihan otot inti adalah gerakan plank, pull up, headstand, leg raise, gerakan compound, crunches, dll.

  1. Bergerak

Bila Anda merasa keberatan dengan gerakan-gerakan olahraga yang rumit, Anda dapat melakukan alternatif lain dengan cara bergerak lebih aktif dan ekstra. Contoh gerakan sehari-hari seperti berjalan, naik dan turun tangga, berdiri, merubah posisi duduk, dll.

Baca Juga
Waspada! Inilah Merk Pembalut dan Pantyliner Berbahaya yang Mengandung Klorin
Astaga! Sering Kita Konsumsi, Minuman ini Ternyata Bisa Sebabkan Kerusakan Jantung
Benarkah Memelihara Kucing Bisa Menyebabkan Susah Hamil? Ini Penjelasan Dokter

Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu dapat berhasil apabila Anda memadukan menu diet sehat dengan beberapa gerakan latihan secara rutin setiap hari. Anda juga harus mengatur pola hidup, rutinitas, dan strategi Anda untuk menghasilkan perut rata.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan tubuh sehat dan bentuk tubuh yang bagus memerlukan waktu, usaha, dan kerja keras. Bila Anda tidak melakukan cara mengecilkan perut buncit tersebut dengan benar, maka hasilnya akan sia-sia. (Dil)