Pori-pori besar

MANAberita.com — KETIKA melihat ke cermin, pernahkah kamu berpikir bahwa wajahmu akan terlihat lebih baik tanpa pori-pori yang besar itu? Masalah ini sering dialami mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Akan tetapi kamu yang memiliki kulit normal atau kering juga bisa mengalaminya.

Pada dasarnya ada dua jenis pori-pori, yaitu yang mengeluarkan sebum atau minyak alami dan yang mengeluarkan keringat. Nah yang biasanya terlihat membesar adalah pori-pori sebum.

Kenapa mereka bisa membesar padahal sebelumnya tidak? Terdapat beberapa faktor, mulai dari penumpukan debu, kesalahan penggunaan kosmetik, atau karena sering kamu pencet karena ada komedo dan jerawat.

Namun tenang saja, ini bukan masalah yang besar kok. Ada sejumlah cara untuk mengatasinya. Yuk simak ulasan yang dilansir dari IDNTimes

  1. Gunakan sunscreen

Matahari adalah salah satu lawan terbesar dari kulit kita. Ketika terlalu banyak terpapar sinar matahari, kulit akan kehilangan kekuatannya sehingga pori-pori pun akan membesar. Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap harinya.

Bahkan ketika cuaca sedang dingin atau hujan. Sunscreen yang direkomendasikan American Academy of Dermatology (AAD) adalah yang memiliki SPF 30 atau lebih. Kamu pun akan terhindar dari bahaya sinar matahari yang mengandung ultraviolet.

  1. Eksfoliasi wajah secara rutin

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit wajah. Prosedur ini memiliki beberapa manfaat. Di antaranya adalah untuk menjaga keremajaan kulit, mencerahkan, mengoptimalkan skin care, dan mengecilkan pori-pori.

Bagaimana bisa? Saat kulit dieksfoliasi, debu yang menumpuk di, minyak berlebih, dan kulit mati akan terangkat. Karena tidak ada partikel yang menempatinya, pori-pori akan mengecil dengan sendirinya. Lakukan ini dua kali dalam seminggu, jangan lebih ya agar kulitmu tidak menjadi terlalu kering.

  1. Bersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari

Dilansir dari Health Line, sabun dan pembersih dapat membersihkan debu dan minyak yang menempel di wajah tanpa menghilangkan kelembapan kulit. Kamu yang memiliki pori-pori besar dan jenis kulit berminyak, gunakan produk yang terbuat dari gel. Sedangkan untuk kulit normal hingga kering, pilihlah produk yang memiliki tekstur krim.

AAD menyarankan agar kita membersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari. Metode membersihkan juga harus diperhatikan. Gunakan air hangat, usap wajah secara perlahan, dan jangan menggunakan sabun yang berbahan keras.

  1. Gunakan pelembap wajah

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang dengan kulit berminyak dan berpori-pori besar adalah tidak menggunakan pelembap. Orang sering mengira pelembap akan membuat wajah terlihat semakin berminyak. Padahal anggapan tersebut salah.

Menurut Medical News Today, pelembap bisa membantu mengurangi masalah pori-pori. Ini karena kandungannya mampu membuat kulit jadi lebih lembut. Selain itu, produk tersebut bisa mendorong minyak agar masuk ke dalam sehingga tidak menempati pori-pori.

  1. Gunakan masker tanah liat (clay mask)

Clay mask dikenal dengan khasiatnya untuk mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori. Tidak hanya itu, clay atau tanah liat bisa membersihkan pori-pori sampai ke dalam. Cobalah gunakan masker ini dua kali dalam seminggu, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Sedangkan jika kulitmu normal cenderung kering, cukup gunakan sekali dalam seminggu agar minyak alami tidak sepenuhnya terserap. Menggunakan clay mask juga bisa mencegah munculnya jerawat lho.

  1. Jangan tidur dengan menggunakan makeup

Kamu pasti sudah tahu pantangan yang satu ini kan? Tertidur dengan makeup masih menempel di wajah bisa merusak kulitmu. Efek yang paling terasa adalah munculnya jerawat, pori-pori membesar, dan beruntusan.

Dilansir dari Medical News Today, bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik akan bercampur dengan debu, bakteri, dan minyak. Mereka akan menyumbat pori-porimu dan membuatnya terlihat lebih besar ketika kamu bangun.

Baca Juga
Daripada Ribet, Mending Matikan 5 Fitur ini dari Smartphonemu, Salah Satunya Auto Brightness
6 Hal Sepele yang Bisa Merusak Mata, Nomor 2 Setiap Hari Kamu Lakukan
Inilah Kegalauan Cowok Setelah Putus dari Pacarnya
  1. Jangan lupa perbanyak minum air

Kulit yang kering atau dehidrasi bisa membuat pori-pori nampak lebih besar. Oleh karena itu, selain menggunakan pelembap, penting juga untuk memperbanyak minum. Web MD mengatakan bahwa air secara alami akan menghidrasi kulit dari dalam, menghilangkan toksin di pori-pori, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengecilkan pori-pori tidak bisa dicapai hanya dalam semalam. Ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun jika kamu rajin menjalankan cara-cara di atas, secara perlahan kamu akan mendapatkan pori-pori yang lebih kecil. (Dil)