Ilustrasi

MANAberita.com — TAK hanya jerawat, komedo juga merupakan hal yang cukup mengganggu dan bikin kesal. Selain membuat permukaan kulit menjadi terlihat kasar, komedo juga membuat hasil makeup tak sempurna. Alhasil tingkat kepercayaan diripun menurun.

Munculnya komedo disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja, penggunaan makeup secara berlebihan, tidak cocok dengan produk kecantikan yang digunakan, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan lemak dan lainnya.

Banyak cara menghilangkan komedo, bahkan di antaranya ada yang sangat menyakitkan. Namun ada satu cara yang terbilang cukup ampuh menghilangkan komedo, yakni pasta gigi. Ada dua cara untuk menghilangkan komedo dengan pasta gigi, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/11)

  1. Pasta gigi dan garam.

Pasta gigi dan garam merupakan kombinasi tepat untuk menghilangkan komedo. Yodium yang terkandung pada garam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan fluoride yang ada pada pasta gigi berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan komedo.

Berikut cara penggunaannya:

  • Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi mint, aduk hingga rata
  • Aplikasikan campuran keduanya pada area yang berkomedo
  • Biarkan selama 5 menit
  • Pijat area yang sudah diolesi secara lembut
  • Bilas dengan air dingin
  • Bilas kembali dengan air hangat
  1. Pasta gigi.

Cara selanjutnya cukup dengan pasta gigi saja. Kamu juga bisa menggunakan pasta dan sikat gigi untuk membasmi komedo. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Oleskan pasta gigi secukupnya ke area yang komedo
  • Sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi sekitar 5-10 menit
  • Bilas dengan air bersih.

Penyebab munculnya komedo.

Komedo bisa terjadi pada berbagai jenis kulit dan usia. Biasanya muncul di hidung, area di mana pori-porinya besar. Komedo ini bisa membuat wajah terlihat kotor dan berbintik. Jika kamu sudah mendapatkan wajah dipenuhi komedo, itu tandanya kamu harus segera merawat kulitmu.

Lalu apa sih yang menyebabkan munculnya komedo? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/11).

  1. Produksi kulit berminyak.

Kulit berminyak dapat memicu timbulnya komedo pada hitung dan di area wajah lainnya. Ketika wajah terasa lengket akibat minyak, maka kotoran dengan mudah menempel dan pori-pori mudah tersumbat dan menyebabkan jerawat juga komedo.

  1. Stres.

Stres juga bisa salah satu memicu kesehatan kulit. Ketika stres, kulit akan menjadi lebih kering dan kurang sehat.

  1. Kurang minum air putih.

Air putih sangat merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin akan memberikan kelembapan pada kulit.

  1. Malas membersihkan makeup.

Sisa make up di wajah adalah salah satu penyebab munculnya komedo. Jadi pastikan kamu untuk selalu membersihkan secara maksimal, agar wajah terhindar dari komedo.

  1. Memencet komedo keluar.

Memencet komedo merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Namun memaksa mengeluarkan komedo dengan cara memencetnya justru malah bisa memperparah kondisinya. Apalagi jika tangan kamu belum tentu bersih, sehingga bisa saja kotoran yang ada di tangan malah masuk ke pori-pori dan memicu masalah yang lebih parah.

  1. Menggunakan scrub di area berkomedo.

Kebanyakan orang berpikir, menggunakan scrub bisa menghilangkan komedo. Namun pada kenyataannya, scrub tidak bisa melenyapkan komedo. Ditambah lagi, scrub akan menghilangkan sebum dari permukaan kulit, yang nantinya malah akan memicu produksi minyak yang lebih banyak lagi sehingga komedo akan terus bermunculan.

  1. Sering menyentuh wajah.

Kebiasaan menyentuh wajah juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo. Apalagi jika menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor, bakteri pada tangan akan berpindah dan menginvasi wajah. Jika ingin menyentuh wajah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

  1. Tidur dalam posisi miring.

Siapa sangka, tidur dalam posisi miring bisa menyebabkan munculnya komedo. Biasanya jika tidur dengan posisi miring, sebagian wajah akan menempel pada bantal terutama bagian hidung. Kondisi bantal yang tidak bersih dapat menempel pada wajah sehingga memicu munculnya permasalahan wajah.

Baca Juga
2 Cara Pembuatan Air Beras yang Bermanfaat Buat Kecantikan Kulit & Rambut!
6 Zodiak ini Sering Buat Kesal dan Paling Ceroboh
Semprotkan Parfume di Daerah ini Yuk Biar Wanginya Seharian Gak Hilang-Hilang
  1. Jarang keramas.

Ketika kamu jarang keramas, rambutmu akan menjadi berminyak. Lalu minyak yang berasal dari rambut akan menempel pada wajah saat rambutmu tidak sengaja mengenai wajah. Kebiasaan saat menyentuh rambutmu yang berminyak lalu tanpa membasuh tangan kamu menyentuh bagian wajahmu juga menjadi sarana perpindahan minyak dari rambut ke wajah.

Minyak yang berasal dari rambut akan menempel di wajah dan akhirnya menjadi masalah wajah seperti jerawat dan komedo. Jadi biasakan untuk selalu memberishkan diri, seperti keramas, membersihkan bagian tubuh lainnya, serta menjadi kebersihan lingkungan.