Ilustrasi jodoh

MANAberita.com – ALLAH SWT telah mengatur kehidupan di alam semesta ini. Mulai dari kita bernafas, bergerak, tumbuh, berkembang, jodoh, rejeki, hingga maut Allah telah menggaris tangankan nasib yang akan kita terima.

Tinggal kita menentukan jalan mana yang akan diambil, baik buruk tergantung kita yang memilih. Allah telah memberikan kenikmatan sehingga kita tak perlu menyia-nyiakan atas syukur yang telah Dia berikan. Lalu apa sih tanda-tanda jodoh Anda sudah dekat? Ini ciri-cirinya yang sikutip dari lama Umroh.com

”Sesungguhnya seorang dari kalian dikumpulkan penciptaannya dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah (bersatunya sperma dengan ovum), kemudian menjadi ‘alaqah (segumpal darah) seperti itu pula. Kemudian menjadi mudhghah (segumpal daging) seperti itu pula. Kemudian seorang Malaikat diutus kepadanya untuk meniupkan ruh di dalamnya, dan diperintahkan untuk menulis empat hal, yaitu menuliskan rizkinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagianya…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas memberitahukan kita bahwa jalan hidup kita telah ditulis jauh sebelum kita dilahirkan, tapi kita lah yang berusaha menentukan siapa jodoh kita sesungguhnya. Menemukan jodoh yang tepat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh penyeleksian dan penyesuaian diri. Bukan sekedar memilah-milih saja, namun kita harus menyesuaikan dari tingkah laku yang kita miliki. Allah berfirman,

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (QS. An Nur:26)

Dari ayat di atas dapat kita pahami bahwa sesungguhnya kita dapat memilih jodoh kita sendiri dengan mengubah diri kita sendiri. Namun bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh kita sendiri. Allah memberikan jalan bagi kita untuk memilih jodoh yang kita inginkan. Hanya saja jika Anda menginginkan jodoh yang baik untuk Anda maka jadilah pribadi yang baik, begitu pula sebaliknya jika Anda menjadi pribadi yang tidak baik, maka jangan mengharapkan jodoh yang baik. Sebagaimana janji Allah di atas.

17 Tanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam

Rahasia Allah mengenai jodoh itu ada dan nyata. Namun semua itu dibarengi dengan usaha kita mendapatkan jodoh terbaik yang dikirim oleh Allah SWT. Allah sesungguhnya sudah menyiapkan jodoh yang sesuai dengan kualitas diri kita sendiri dan juga dari segi iman, sehingga tidak akan ada kata terlalu cepat atau terlalu lambat.

Setiap insan mendapat karunia pasti merasakan tanda-tanda kehadiran jodoh. Terkadang tanpa disadari jodoh yang dicari itu sudah ada sejak lama. Berikut ini 17 tanda jodoh sudah dekat menurut Islam, diantaranya.

  1. Ketenangan jiwa

Tanda jodoh sudah dekat yang pertama adalah ketenangan jiwa. Interaksi yang dilakukan dengan sesama khususnya pada lawan jenis, terkadang akan berujung pada pertengkaran. Apabila pertengkaran ini tidak ada habisnya dan membuat kamu merasa tidak tenang serta gelisah, maka singkirkan harapanmu pada orang tersebut meskipun dilihat dari segi materi serta fisik serta interlektualnya sangat baik.

Sebaliknya, jika orang tersebut memberikan ketengan jiwa yang selalu membuat kamu serasa damai seperti pada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”(QS.A-Ruum : 21)

  1. Merasa senang bersama

Jodoh yang sudah dekat bisa terlihat dari saat sedang bersama, maka tidak ada rasa bosan sedikit pun. Justru, semakin sering bersama, maka akan semakin memberikan ketenangan, perasaan gembira dan obat bagi kamu yang sedang berduka. Sebaliknya jika sedang berjauhan, maka akan terasa sedikit tertekan serta rindu ingin bertemu siang atau malam.

  1. Iman dan kebaikan tidak jauh beda

Memiliki iman serta kebaikan yang tidak terlalu jauh berbeda bisa menjadi pertanda jika jodoh sudah dekat seperti yang sudah tertulis pada sebuah ayat Al-Quran jika wanita-wanita baik untuk laki-laki baik dan begitu pun sebaliknya. Ini memiliki kandungan arti keimanan dan kebaikan yang tidak terlalu jauh berbeda dengan kamu. Dari sini, kamu bisa melihat dan mengukur jodoh kamu yang baik.

  1. Kemantapan hati

Hati jika dalam bahasa Arab berarti al-Qaib yang jika diartikan adalah mudah dibolak-balik. Ini menyimpulkan jika hati kita tidak selalu bisa menyenangi akan semua hal seperti dalam urusan lawan jenis khususnya jika sudah mengenal baik karakteristik orang tersebut. Akan tetapi, jika kamu memiliki kemantapan hati pada orang tersebut, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa ia merupakan jodoh untuk kamu yang tentunya kemantapan hati ini didasari dengan memohon petunjuk dari Allah.

  1. Pandai menyimpan rahasia

Jika kamu merasa rahasia kamu terasa lebih aman pada seseorang yang merupakan lawan jenis dan kamu sudah tidak bisa menyimpan rahasia apapun darinya, maka ini bisa menjadi pertanda jika jodohmu sudah dekat. Jika yang terjadi sebaliknya, maka tolak orang tersebut dengan cara yang baik dan semua yang kamu lakukan tersebut hanyalah sebagai tujuan untuk meraih kebahagiaan di dunia.

  1. Tidak peduli dengan masa lalu

Orang yang tidak peduli dengan masa lalu keluarga kamu dan juga tidak peduli dengan masa lalu kamu bersama dengan pasangan kamu terdahulu, menjadi salah satu pertanda jika Allah sudah mendekatkan orang tersebut sebagai jodoh kamu.

  1. Tampil apa adanya

Tanda-tanda petunjuk jodoh dari Allah selanjutnya adalah dia akan selalu tampil apa adanya di depan kamu. Tidak ada yang dibuat-buat dan dipaksakan dalam semua tingkah laku dan gerak geriknya. Semua kelakuannya merupakan bagaimana dia yang sebenarnya, asli tanpa kepalsuan. Bisanya hal ini bisa dilihat dari kenyamanan yang ditunjukkannya. Bila dia terlihat kurang nyaman dengan apa yang dilakukannya dan gayanya di depan kamu, maka sudah dapat dipastikan dia sedang berandiwara. Namun bila penampilannya dan kelakuannya tampak spontan, mungkin saja dia adalah jodoh kamu.

  1. Saling percaya

Zaman sekarang sulit sekali menemukan orang yang jujur. Bila kamu menemukan orang yang sangat jujur dan rasanya kamu akan percaya padanya, maka mungkin saja itu adalah tanda-tanda petunjuk jodoh dari Allah. Saat kamu percaya pada seseorang dalam menceritakan berbagai rahasia yang kamu miliki, dan kamu merasa tidak bisa menyembunyikan apapun darinya, maka mungkin daia adalah orang yang selama ini kamu nanti-natikan.

  1. Saling memaklumi dan memaafkan

Saat kamu bertemu dengan seseorang yang bisa memaklumi apapun keadaanmu, mungkin bisa saja itu adalah tanda-tanda petunjuk jodoh dari Allah. Perihal jodoh tidak ada yang rumit, jika memang dia jodoh kamu tak ada satu pun yang dapat menghalangi untuk saling mencintai.

Dengan sendirinya akan timbul perasaan cinta di hati masing-masing, dan dari situlah kamu akan saling memahami dan memaklumi bagaimana sifat kita, fisik kita serta dalam kondisi apapun. Orang yang merupakan jodohmu akan selalu memaafkan kamu dengan tulus tanpa ada alasan apapun. Selain itu, saat kamu berada berdua dengannya, segala sesuatu akan menjadi terasa mudah. Sesuatu yang berat sekalipun tidak kamu takuti bila kamu hadapi bersama dengan dirinya, tentunya dengan bantuan dari Allah SWT.

  1. Saling memberikan motivasi

Semua manusia tidak selamanya akan selalu berada di atas dan ada waktunya untuk berada di bawah. Pada saat inilah, kita sangat membutuhkan motivasi dari seseorang, sebab umumnya orang akan menjauh dari kita saat kita jatuh atau terpuruk.

Akan tetapi untuk ia yang merupakan jodoh kamu, hadirnya orang tersebut dalam kehidupan kamu akan terasa seperti malaikat yang menyelamatkan kamu dan ia selalu memiliki cara tersendiri untk memberikan motivasi karena ia menginginkan segala yang baik untuk kamu berdua.

  1. Tutur kata dan akhlak mengandung motivasi

Jodoh sudah dekat juga bisa terlihat dari semua tutur kata dan juga akhlaknya selalu mengandung motivasi sehingga membuat kedua belah pihak akan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Orang tersebut akan mengubah semua perasaan galau, sedih yang kamu rasakan menjadi sumber kebahagiaan.

  1. Membuatmu berhenti mencari

Pertanda jodoh sudah dekat berikutnya menurut Islam adalah jika orang tersebut membuat kamu berhenti untuk mencari. Meski pada kenyataan ia tidak sempurna, namun kamu merasa hidup kamu tidak lengkap tanpa kehadiran orang tersebut sekaligus menjadi yakin jika dialah orang tepat yang diberikan Allah pada kamu, maka ini berarti jika jodohmu memang sudah dekat.

  1. Keluarga bisa menerima

Jika seseorang lawan jenis mempunyai kepribadian yang baik dan sesuai dengan ekspetasi keluarga kamu dan keluarga juga sangat senang hati menerima orang tersebut, maka ini juga bisa dijadikan pertanda jika jodoh kamu sudah dekat.

  1. Saling jujur

Tanda jodoh sudah dekat selanjutnya adalah Saling jujur. Saat ini, rasanya akan sangat sulit untuk mencari seseorang yang bisa selalu jujur pada diri kita khususnya pada lawan jenis. Namun, jika kamu sudah berhasil menemukan seseorang yang selalu jujur dalam perkataan dengan kenyataan maka ini menandakan salah satu sifat seorang muslim yang baik. Kejujuran adalah hal yang tidak boleh dipermainkan dan jika kejujuran berasal dari hati, maka niscaya kebahagiaan akan selalu menyertai kamu, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi jika orang tersebut adalah jodoh kamu yang sudah dekat.

  1. Bekerja keras

Kerjasama sangat dibutuhkan antara diri kamu dengan pasangan dan ini juga menjadi penting untuk kehidupan ke depan disaat kamu menanggung beban yang semakin berat karena sudah menikah. Apabila kamu menemukan seseorang yang selalu bisa diajak bekerja sama dengan baik dalam segala urusan yang baik juga, maka ini menjadi pertanda jika jodoh kamu sudah dekat.

  1. Mempermudah dalam segala hal

Pertanda jodoh sudah dekat juga bisa terlihat dari semua urusan yang kamu miliki akan lebih terasa mudah saat dijalani bersama dengan seseorang seperti contohnya dalam hal mendekatkan diri dengan keluarga, membahas tentang rencana ke depan sampai rejeki yang selalu datang tanpa terduga saat akan menikah. Intinya adalah segala sesuatu urusan semakin dipermudah oleh Allah SWT.

Baca Juga
Inilah Tandanya Kalau Kamu dan si Dia Memang Berjodoh
20 Tanda Kiamat Yang Disebutkan Rasulullah Telah Benar-Benar Terjadi
Sering Dianggap Enteng, Ternyata Inilah Penyebab Jauh dari Jodoh
  1. Sholat istikharah dan tawakal

Jodoh dan segala macam pertemuan sepenuhnya ada di tangan Allah SWT dan kita sebagai manusia hanya berfungsi sebagai perancang di dunia. Ada kalanya saat kita sudah merancang tentang jodoh dan juga pertemuan, maka Allah juga akan memberikan kita beberapa petunjuk yakni dengan cara Istikharah Dan Tawakkal untuk meminta petunjuk dari-Nya, sehingga jodoh yang kita dapatkan akan selalu baik menurut Allah SWT.

Demikian mengenai tanda-tanda jodohmu yang sudah dekat menurut Islam. Semoga Allah SWT selalu mempermudah kita dalam pemberian jodoh terbaik. (Ila)