Tahu krispi

MANAberita.com — GAK kerasa ya, musim hujan sudah datang. Tiap sore pasti hujan, baik intensitasnya rendah maupun tinggi. Nah, kalau musim hujan begini paling enak kalau nyemilin gorengan.

Ketimbang beli dan gak tahu kualitas bahannya, mending bikin sendiri deh! Kali ini, penulis bakal membagikan resep bikin gorengan kesukaan sejuta umat yakni tahu Sumedang kriuk.

Dikutip dari IDNTimes, berikut resep lengkap membuat tahu Sumedang yang kriuk. Bahannya gak banyak kok, simak!

  1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Seperti yang udah disebutin di atas, untuk membuat resep ini kamu cuma perlu 1 bahan aja yakni tahu pong atau tahu sumedang sebanyak 30 potong. Lalu jangan lupa minyak goreng secukupnya juga ya.

  1. Bahan untuk adonan

Jika bahan utamanya udah siap, sekarang kamu perlu menyiapkan bahan untuk adonannya nih guys. Ini beberapa diantaranya:

100 gram tepung bumbu

50 gram tepung beras

½ sendok teh kaldu ayam bubuk

¼ sendok teh merica putih bubuk

¼ sendok teh bawang putih bubuk

350 ml air dingin

50 gram es

½ butir telur ayam, kocok lepas

Kalau udah siap, semua bahan adonan ini dicampur dalam wadah dan kocok perlahan ya.

  1. Cara membuat

Nah, jika adonan dan tahu sudah siap maka kita bisa masuk ke langkah pembuatan.

Campurkan bahan adonan terutama bahan yang kering. Tambahkan air dingin, es dan telur. Aduk. Sisihkan.

Celupkan tahu ke dalam adonan, tiriskan dan goreng dalam minyak panas, sambil dibolak-balik hingga kecokelatan.

Tuangkan 1 sendok sayur adonan, aduk cepat agar adonan menempel pada tahu, masak hingga kremes matang dan berwarna kecokelatan.

Tuangkan kembali satu sendok sayur adonan, aduk cepat. Masak hingga kremes matang, angkat dan tiriskan.

Baca Juga
Resep Takjil Bubur Sagu Mutiara Manis, Mudah, Murah dan Dijamin Enak!
Resep Nugget Pisang Kekinian dengan Berbagai Topping
Kreasi Memasak Telur ini Beda Dari yang Lain! Wajib Dicoba!

Jika sudah matang, segera tiriskan.

Saran penulis sih, letakkan gorengan tahu yang baru matang di atas tissue makanan agar minyak cepat tertiris. Sajikan selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau sambal kecap dan juga segelas teh hangat. (Alz)