Sate cumi ala Thailand

MANAberita.com – MENU makanan sekarang sudah sangat beragam. Bahkan tak sedikit santapan yang terpengaruh cita rasa negara tetangga, seperti resep sate cumi bakar Thailand ini!

Saat ini sudah ada beragam makanan yang bahkan viral di media sosial. Tak jarang para food blogger pun berlomba-lomba ikut mengunggahnya.

Salah satu yang sedang viral adalah sate cumi sosis atau baso bakar yang tentu membuat tergiur siapa pun yang melihatnya. Ternyata, sate cumi itu merupakan jajanan kaki lima khas Thailand.

Loading...

Bahkan banyak orang yang rela antre untuk mendapatkan sate cumi tersebut. Sekalipun ramai, tapi harga yang ditawarkan cukup lumayan menguras kantong. Kenapa jika Anda penasaran, tidak membuatnya sendiri di rumah?

Bahan-bahan resep sate cumi bakar yang mudah didapat!

Siapkan 4 buah cumi
1 buah jeruk lemon,
1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan,
1 sdt garam,
1/4 sdt merica,
4 buah baso,
3 buah sosis
margarin secukupnya untuk mengoles.

bumbu olesannya:

1 siung bawang putih yang dihaluskan
1 cm jahe juga dihaluskan
5 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap inggris
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram dan 2 sdm madu.

Langkah pembuatan:

Pertama rebuslah baso serta sosis sekitar 2 sampai 3 menit dalam air yang mendidih. Kemuidian angkat dan sisihkan. Untuk sosis potonglah sesuai dengan ukuran potongan cumi.

Jika tidak ingin menggunakan baso atau sosis juga tak ada masalah kok. Langsung pada tahap mencuci bersih cumi yang tersedia, lalu dibuang isi beserta tinta hitamnya.

Lalu kuliti cumi tersebut, hingga seluruh bagiannya hanya terlihat warna putih. Kemudian, potong-potong jadi 5 bagian. Berilah air perasaan jeruk nipis, garam, bawang putih dan juga merica, lalu diamkan 15 menit.

Selanjutnya, isi potongan cumi menggunakan baso dan juga sosis, boleh juga tidak diisi. Kemudian, tusuk potongan cumi tersebut menggunakan tusuk sate yang berukuran cukup tebal dan besar, pastikan bagian paling atas sate cumi adalah bagian kepala.

Setelah itu, campurkan seluruh bahan olesan yang tadi disiapkan. Barulah olesi campuran bumbu tersebut pada sate cumi ke seluruh bagian.

Bakarlah cumi di atas pemanggangan yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin, panggang sate sambil terus dioles-oles menggunakan bumbu oles, terus masak hingga bumbunya meresap.

Setelah matang, angkatlah sate cumi ala Thailand tersebut dan siap untuk dinikmati. Anda bisa menyantapnya dengan atau tanpa tusukan sate, dan nasi hangat juga nikmat.

Baca Juga
Resep Kikil Pedas Manis, Menu Buka Puasa di Hari Keempat
Cara Membuat Asinan Bogor yang Menggugah Selera, Segar Banget
Cara Membedakan Petai Muda dan Tua, dari Bentuk Serta Baunya

Nah, mudah banget bukan resep sate cumi bakar di atas? Jadi tak perlu keluar uang banyak dan lama-lama antre untuk mencicipi sate viral tersebut. (Alz)

(Sumber: Tandaseru)