MANAberita.com – SURAH dalam Alquran bisa diamalkan setiap hari sebagai upaya untuk meminta kelancaran kepada Allah SWT. Meski setiap makhluk hidup sudah ditentukan rezekinya masing-masing, tetapi sebagai manusia tentu wajib berikhtiar yang diiringi dengan doa. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. Surat Hud: 6)

Dilansir dari laman merdeka.com yang membagikan surah murah rezeki dalam Alquran yang bisa dibaca beserta amalan yang memperlancar rezeki, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (13/1/2022):

Surah dalam Alquran Mempermudah Rezeki

Menurut Rasullulah SAW, ada dua ayat di dalam Alquran yang jika dibaca setiap malam akan memberikan kelancaran dan kecukupan rezeki bagi yang membacanya. Rasullulah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, niscahya ia tercukupi.” (HR. Bukhara dan Muslim), dikutip dari laman Liputan6.

Dalam hadis lainnya, yang diriwayatkan Imam Muslim, juga berisi, “Rasulullah SAW dikaruniai tiga hal; diberi salat lima waktu, diberi ujung (akhir) surat al-Baqarah…”

Allah SWT berfirman dalam dua ayat terakhir surat Al Baqarah:

“Rasul telah beriman kepada al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan),’Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya,’ dan mereka mengatakan,’Kami dengar dan kami ta’at.’ (Mereka berdoa),’Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali,”

Membaca Surah Al Waqiah

Membaca Al Quran merupakan ibadah yang bernilai pahala besar. Orang yang rutin membaca Al Quran kelak akan mendapat syafaat di hari kiamat. Tiap surah dalam Al Quran memiliki keutamaan, begitu pun dengan Surah Al Waqiah.

Para ulama menyatakan, keutamaan membaca surat Al Waqiah pada tiap malam akan membuat seseorang dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran. Anda bisa membaca surah ini pada malam hari atau setelah shalat subuh.

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Asakir dikatakan:

“مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا”

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya’.” (HR. Ibnu Asakir)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah yang mengatakan bahwa dahulu Rasulullah SAW dalam shalat subuhnya membaca surat Al-Waqiah dan surat-surat lainnya.

Amalan yang Membuka Pintu Rezeki

Selain doa, ada beberapa amalan yang juga disunahkan agar dikerjakan untuk membuka pintu rezeki, di antaranya:

1. Sering Membaca Istighfar dan Bertaubat

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Nuh:10-12)

2. Sedekah

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الأرْضِ وَلا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا

أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usaha kalian yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kalian. Dan janganlah kalian memilih yang buruk-buruk, lalu kalian nafkahkan darinya, padahal kalian sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji. (QS. Surat Al baqarah: 268).

3. Silaturahmi

Pintu rezeki ternyata terbuka ketika seseorang rajin menjalin silaturahmi yang baik. Menyambung tali silaturahmi ternyata memiliki dua keutamaan. Pertama meluaska rezeki dan kedua memanjangkan umur.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang ingin agar Allah melapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah menyambung silaturrahim” (Shahih al-Bukhari)

Baca Juga
Fiqih Imam Syafi’I ; Sunnah Shalat
Kisah Istri-Istri Rasulullah SAW: Hafsah binti Umar
Ngeri! Inilah Tanda-Tanda Wanita Diperkosa Jin, Kamu Pasti Pernah Merasakannya!

4. Bertawakal

Rasulullah bersabda: “Jika kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan kepada kamu rezeki sebagaimana Dia berikan kepada burung, ia keluar pada waktu pagi dalam keadaan perut yang kosong pulang pada petangnya dengan perut kenyang” (Sekar Ayu).