crpic.dermstore

Manaberita.com – APAKAH Anda sering mendengar istilah eksfoliasi? Ya Eksfoliasi merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.

Manusia memproduksi sekitar 500 juta sel kulit setiap hari, dengan demikian, sel kulit mati akan menumpuk di permukaan. Jika tidak dibersihkan, penumpukan sel kulit mati ini akan menghambat peremajaan. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat kotoran dan mengganti sel-sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Sebab, jika sel-sel kulit mati pada wajah dibiarkan menumpuk, dapat membuat kulit menjadi kusam dan pori-pori tersumbat yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Jangan lupakan pula eksfoliasi karena mampu untuk menjaga kulit wajah agar tetap cerah, terhindar dari jerawat, dan mengurangi kemungkinan munculnya kerutan di wajah.

Melakukan eksfoliasi bisa dilakuakn dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan skincare secara rutin yang mengandung bahan khusus.

 Dikutip dari laman resmi skincare SNP, produk yang cocok dipakai untuk eksfoliasi wajah yaitu memiliki kandungan BHA dan 5 jenis Hyaluronic Acid.

“BHA merupakan senyawa kimia yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan menarik ke luar sel kulit baru tanpa membuat kulit wajah Anda menjadi iritasi,” tulis keterangan tersebut.

Perlu diketahui, kandungan BHA mampu menembus sampai ke bagian kulit terdalam sehingga dapat membersihkan kotoran pada wajah secara menyeluruh. Khasiat lainnya yakni mengurangi kemerahan pada wajah dan mampu menenangkan kulit.

Berbeda lagi fungsinya, Hyaluronic sendiri merupakan zat alami yang memiliki dapat menjaga kelembapan pada kulit. Kandungan ini sangat tepat dipakai untuk mencegah kerutan, penuaan dini hingga seseorang dengan kulit sensitif.

Baca Juga
Penting! Berikut Cara Agar Cepat Sembuh dari Omicron Menurut Dokter Paru-Paru Senior
Begini Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Cepat dan Sehat
Cara Login WhatsApp di Nomor Sudah Tidak Aktif

Sementara itu, berikut adalah sederet cara melakukan eksfoliasi di rumah saja yang aman untuk diterapkan.

  1. Pertama-tama, kenali jenis kulit wajah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena, cara eksfoliasi setiap jenis kulit tidaklah sama. Pastikan jenis kulit Anda termasuk dalam kategori jenis kulit kering, berminyak, atau sensitif.
  2. Kedua, pilih produk eksfoliasi yang kandungannya sesuai dengan jenis kulit Anda karena, setiap jenis kulit tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda. Kandungan yang dibutuhkan jenis kulit kering, bisa memberikan dampak negatif untuk jenis kulit yang berminyak dan sensitif.
  3. Mencuci tangan supaya terbebas dari kotoran yang bisa menyebabkan penyumbatan di kulit wajah menjadi lebih parah.
  4. Melakukan uap wajah untuk membuka pori-pori yang tertutup dan membuat proses eksfoliasi menjadi lebih efektif.
  5. Selanjutnya, eksfoliasi kulit wajah secara perlahan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah.
  6. Cuci wajah menggunakan air hangat sampai bersih, lalu bilas kembali wajah menggunakan air dingin untuk kembali menutup pori-pori yang tadi terbuka saat proses eksfoliasi.
  7. Lakukan eksfoliasi pada wajah 1-2 kali dalam seminggu. (iCA)