Pangdam Cenderawasih Diganti

MANAberita.com – PANGLIMA TNI, Jenderal Andika Perkasa resmi menandatangani Surat Keputusan nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, pada 21 Januari 2022. Dua Kodam di Papua, mengalami rotasi pimpinan dalam SK terbaru itu.

Melansir dari nasional.tempo.com, Pangdam Cenderawasih di Papua, Andika mengganti Mayor Jenderal Ignatius Yogo dengan Mayor Jenderal Teguh Muji Angkasa. Padahal, Teguh sebelumnya baru menjabat sebagai Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus (Kopassus) pada Desember 2021 lalu. Adapun Yogo dipindah menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dan Kodiklatad).

Sedangkan jabatan Pangdam Kasuari di Papua Barat, Andika Perkasa menempatkan Mayor Jenderal Gabriel Lema. Dia menggantikan Letnan Jenderal Nyoman Cantiasa yang naik jabatan menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, yang mencakup wilayah Indonesia Timur.

Jabatan Pangkogabwilhan III sendiri selama ini banyak berperan dalam berbagai upaya penanggulangan konflik bersenjata di Papua. Sebelumnya, jabatan ini diisi oleh Letnan Jenderal Jeffry Apoly Rahawarin. Dalam SK terbaru, Jeffry dipindahkan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Tak hanya bagi bintang 3, pejabat bintang 2 juga mengalami mutasi. Komandan Resor Militer (Danrem) Merauke juga ikut diubah. Sebelumnya, jabatan ini diisi oleh Brigadir Jenderal Bangun Nawako. Namun Andika mengganti Bangun dengan Brigadir Jenderal Evi Reza Pahlevi, yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Operasi KASAD bidang Kesiapan Operasi.

Ada juga Kolonel Infanteri Wawan Erawan, yang didapuk menjadi Danrem Sorong. Ia menggantikan Brigadir Jenderal TNI Indra Heri. [SAS]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Wed, 30 Nov 2022
Bharada E Ceritakan Raut Marah Putri Candrawathi!

Manaberita.com – RICHARD menceritakan momen ketika Putri Candrawathi terlihat marah. Sebelum...

  • Wed, 30 Nov 2022
Tangis Wanita Misterius dan Amarah Putri Candrawathi Diungkap Bharada E

Manaberita.com – RICHARD Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E) mengungkap sosok perempuan...

  • Wed, 30 Nov 2022
Usai Bunuh Yosua, Bharada E Mengaku Berdosa dan Dihantui Mimpi Buruk

Manaberita.com – BHARADA E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu mengaku merasa...

  • Wed, 30 Nov 2022
Viral! Ribuan Ikan di Laut Menepi ke Daratan di Pantai Mutiara Jakarta

Manaberita.com – RIBUAN ikan dilaporkan menepi ke daratan di sekitar Pantai...

  • Wed, 30 Nov 2022
Jokowi Sebut Akan Ajukan Banding Atas Kalahan RI di WTO

Manaberita.com – JOKO Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indonesia mengatakan akan mengajukan...

  • Wed, 30 Nov 2022
Begini Detik Penembakan Brigadir J Versi Bharada

Manaberita.com – RICHARD Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Terdakwa kasus...

Press ESC to close