Manaberita.com – SEBAGIAN orang mengalami masalah kulit kering dan pecah-pecah untuk mengatasi hal itu memang memerlukan pelembab. Akan tetapi jangan sampai anda salah memilih pelembab yang justru dapat membuat kulit anda semakin kering.

Kulit kering cenderung mudah gatal, tampak bersisik, dan terasa kasar. Jenis kulit seperti itu sangat memerlukan penggunaan pelembab secara rutin agar tidak mengalami iritasi dan masalah kulit yang lebih berat.

Dilansir dari alodokter, Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, pelembab yang tepat juga dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit kering agar terlihat segar, cerah, dan awet muda. Agar tidak salah dalam memilih pelembap khusus kulit kering, ikuti tips berikut ini:

  1. Pilih pelembap tanpa pewangi dan pewarna

Sebagian pelembab kulit diperkaya parfum atau pewangi dan pewarna. Bahan ini tidak disarankan untuk digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Hal ini karena kedua bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi, sehingga tidak cocok bagi kulit kering.

Saat hendak membeli pelembap, pilih produk yang berlabel khusus untuk kulit kering disertai keterangan “alcohol free”, “bebas pewangi”, atau berlabel “hypoallergenic”

  1. Pilih pelembab dalam sediaan krim

Pelembab ada yang tersedia dalam bentuk krim atau losion. Kedua produk ini serupa tapi tak sama. Pelembab dalam bentuk krim memiliki konsistensi lebih berminyak, sedangkan losion lebih banyak campuran air dan pewanginya.

Jika digunakan pada kulit kering, losion cenderung berisiko untuk menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, Anda yang kulitnya kering dan cenderung sensitif disarankan untuk memilih pelembab yang berbentuk krim.

  1. Lebih selektif dalam memilih kandungan pelembab

Saat memilih pelembab untuk kulit kering, perhatikan label komposisi bahan pada produk dan pastikan kandungan pelembab tersebut cocok untuk kulit kering. Bahan atau kandungan yang yang disarankan untuk kulit kering antara lain:

  • Urea
  • Lanolin
  • Asam hialuronat
  • Ceramides
  • Gliserin
  • Dimethicone

Selain bahan-bahan di atas, pelembab untuk kulit kering juga biasanya mengandung minyak, seperti minyak kedelai, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak mineral.

  1. Gunakan petroleum jelly

Pelembab dengan kandungan petroleum jelly dapat menahan kandungan air di permukaan kulit agar tidak mudah menguap, sehingga lebih baik dalam mencegah kulit kering.

Pelembab yang mengandung petroleum jelly banyak tersedia dalam bentuk krim dan biasa digunakan untuk kulit yang sangat kering. Selain untuk kulit yang kering, petroleum jelly juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir guna mengatasi bibir kering dan tumit atau kaki pecah-pecah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dianjurkan menggunakan pelembap sebanyak 2-3 kali sehari. Gunakan pelembap sesaat setelah mandi saat kulit masih sedikit lembap. Saat menggunakan pelembap, tunggu beberapa menit hingga meresap di kulit dengan baik sebelum mengenakan pakaian.

Untuk memperbaiki kondisi kulit kering dan pecah-pecah, lakukan beberapa cara perawatan berikut ini:

Baca Juga
Luka Kena Knalpot dan Setrika? Atasi Cepat Dengan Cara ini
Wow! 5 Kebiasaan di Malam Hari ini Membuat Kamu Makin Cantik
Ternyata Begini Cara Memakai Body Lotion yang Benar dan Dapat Melembabkan Seharian
  • Gunakan tabir surya (minimal SPF 15) saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari. Anda dapat memilih tabir surya yang dilengkapi dengan kandungan pelembap.
  • Hindari mandi terlalu lama karena dapat membuat kulit semakin kering. Batasi waktu mandi cukup selama 5-10 menit.
  • Pilih sabun mandi yang mengandung pelembab atau diformulasikan khusus untuk kulit kering.
  • Cukup minum air putih, untuk mencegah dehidrasi.
  • Gunakan pelembap udara atau humidifier, khususnya di ruang kerja dan kamar tidur, jika ruangan tersebut menggunakan AC.

Jika kulit masih saja kering meski sudah menggunakan pelembap untuk kulit kering secara rutin, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit.

[rik]