Israel Merupakan Model Bagi Ukraina

Manaberita.com – PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia ingin negaranya menjadi “‘Big Israel’ dengan wajahnya sendiri”. Setelah invasi Rusia berakhir, menekankan bahwa kemungkinan besar keamanan akan menjadi masalah utama di Ukraina selama periode pasca-perang.

Aljazeera melansir, dalam komentar kepada media lokal yang diposting di situs resmi presiden pada hari Selasa, Zelenskyy menekankan bahwa visinya untuk masa depan pasca-konflik Ukraina adalah memiliki angkatan bersenjata di “semua institusi, supermarket, bioskop, akan ada orang-orang dengan senjata”.

Di Israel, gambar warga sipil bersenjata, pemukim, dan tentara adalah hal biasa, dan pemerintah sering kali meminta keamanan.

Zelenskyy, yang adalah seorang Yahudi, dalam beberapa kesempatan menekankan pentingnya menjaga hubungan dekat dengan Israel, yang ia puji sebagai model bagi Ukraina.

“Saya yakin bahwa masalah keamanan kami akan menjadi nomor satu dalam 10 tahun ke depan,” kata Zelenskyy, menolak gagasan bahwa Ukraina pasca-perang akan meniru demokrasi Eropa liberal seperti Swiss sebagai model. Dia mengatakan bahwa orang-orang Ukraina “akan menjadi tentara besar kita”.

Zelenskyy juga mengatakan bahwa Ukraina tidak akan “benar-benar liberal, seperti Eropa” ia harus melakukan modus operandi yang berbeda.

“Ukraina pasti tidak akan seperti yang kita inginkan sejak awal. Itu tidak mungkin,” katanya kepada anggota media Ukraina selama briefing.

“Benar-benar liberal, Eropa – tidak akan seperti itu. Ukraina pasti akan datang kekuatan dari setiap rumah, setiap bangunan, setiap orang.”

Zelenskyy menekankan bahwa Ukraina tidak akan tergelincir ke dalam otoritarianisme. “Sebuah negara otoriter akan kalah dari Rusia. Orang-orang tahu apa yang mereka perjuangkan,” katanya.

Terlepas dari hubungannya dengan Israel, Zelenskyy, bagaimanapun, telah mengkritik posisi canggung pemerintah dalam perang Rusia di negaranya. Setelah mempertahankan posisi yang relatif tenang dalam invasi, perdana menteri Israel mengeluarkan pernyataan mengutuk dugaan kekejaman di Bucha, dekat Kyiv.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa dia terkejut dengan gambar mengerikan yang muncul dari Bucha, tetapi dia berhenti menuduh pasukan Rusia melakukan dugaan kejahatan perang atau meminta pertanggungjawaban Moskow.

“Kami, tentu saja, terkejut dengan adegan kasar di Bucha. Gambar-gambar yang mengerikan, dan kami sangat mengutuk mereka,” katanya. “Penderitaan warga Ukraina sangat besar, dan kami melakukan segala yang kami bisa untuk membantu.”

Israel telah muncul sebagai mediator dalam upaya untuk mengakhiri perang, mengingat hubungan baiknya dengan Ukraina dan Rusia. Dalam upaya untuk mempertahankan hubungannya dengan Vladimir Putin, Bennett telah mengukur kritiknya terhadap presiden Rusia. Sebaliknya, Menteri Luar Negeri Yair Lapid telah vokal dalam kecamannya yang lebih keras atas tindakan Rusia di Ukraina.

Bennett merujuk wartawan ke komentar yang dibuat oleh Lapid, yang menyebut kematian warga sipil di Bucha sebagai kejahatan perang.

“Gambar dan kesaksian dari Ukraina mengerikan, pasukan Rusia melakukan kejahatan perang terhadap penduduk sipil yang tak berdaya. Saya mengutuk keras kejahatan perang ini,” kata Lapid dalam sebuah pernyataan.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Tue, 09 Aug 2022
Irjen Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J, Ini Peranannya

Manaberita.com – KAPOLRI  Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan eks Kadiv...

  • Tue, 09 Aug 2022
Putri Candrawathi Akan Diperiksa Timsus soal Motif Sambo Perintah Tembak Brigadir J

Manaberita.com – IRJEN Ferdy Sambo telah di tetapkan sebagai tersangka...

  • Tue, 09 Aug 2022
Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Manaberita.com – KAPOLRI telah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka...

  • Tue, 09 Aug 2022
Kapolri Minta Agar Timsus Usut Perintah Sambo soal Hilangkan Barang Bukti Pembunuhan Brigadir J

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan agar tim...

  • Tue, 09 Aug 2022
Kapolri Tetapkan Ferdy Sambo Jadi Tersangka dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J!

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penanganan terbaru...

  • Tue, 09 Aug 2022
Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa Komnas HAM Minggu Ini

Manaberita.com – ISTRI Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) dijadwalkan...

Press ESC to close