MANAberita.com – BULAN ramadan merupakan bulan yang istimewa, bukan hanya untuk masyarakat yang beragama muslim saja, bagi semua orang yang beragama lain juga ikut merasakan sesuatu yang spesial.

Meskipun dilakukan setahun sekali, bulan Ramadan nyatanya selalu dinantikan oleh banyak orang.

Tak sedikit orang yang akan bersedih ketika bulan ramadan akan berakhir. Ramadan adalah bulan yang akan selalu dinantikan.

Mengutip dari laman goodnewsfromindonesia.id, selain berpuasa, ada beberapa hal yang bakal diingat dan ingin cepat-cepat kembali ke bulan suci ini.

Berikut ini beberapa hal yang bakal kamu ingat mengenai momen-momen saat ramadan:

  1. Momen Membangunkan Sahur

Meski sama-sama waktu berpuasa, puasa ramadan berbeda dengan puasa senin-kamis. Anak-anak kecil dari tetangga sekitar akan membangunkan sahur dengan cara memukul kentongan, ember, tiang, dan teriakan. Meski terkadang menjengkelkan, tapi kurang afdhol jika tidak ada ini ketika sahur.

  1. Petasan dan Kembang Api

Setelah berbuka puasa, biasanya kita bersiap-siap pergi ke masjid sekitar rumah melakukan ibadah sholat tarawih. Tetapi terkadang beberapa anak-anak kecil tetangga sekitar tidak ikut sholat tarawih, namun mereka menyalakan kembang api atau bahkan petasam. Tak jarang orang yang mendengar petasan tersebut merasa kaget dengan suaranya.

  1. Iklan Minuman yang Berseri

Belum lengkap jika iklan sirup belum muncul di televisi. Bahkan iklan ini sudah tayang lebih dulu sebelum puasa ramadan dimulai dan lebaran sebelum idul fitri tiba. Iklan ini akan tayang disiang hari, hal ini terkadang membuat kita merasa tergoda untuk membatalkan puasa.

  1. Kultum di televisi

Acara kerohanian ini biasanya tayang di televisi sekitar 10-15 menit sebelum azan magrib. Setiap anggota keluarga akan duduk manis menyaksikan kultum sambil menunggu datangnya waktu berbuka.

  1. Berbuka dijalan

Kota-kota besar di Indonesia saat ini harus menghadapi kemacetan setiap jam pulang kantor. Hal ini juga terjadi ketika ramadan. Para pekerja pun menjadi korbannya dan akhirnya mereka harus berbuka puasa di jalan sambil bermacet-macetan. Beberapa diantara mereka akan menepi dan mencari masjid terdekat untuk berbuka puasa dan sholat magrib.

  1. Berbuka puasa di Masjid & persiapannya

Banyak orang akan pergi ke masjid terdekat atau masjid yang populer di daerahnya untuk menikmati suasana lebaran dan berbuka puasa bersama di masjid itu. Hidangan yang akan mereka terima biasanya 3 biji kurma, air minum/teh hangat, nasi bungkus/nasi kotak. Setelah memakan hidangan berbuka ini, rasanya seperti keberkahan masuk ke dalam diri kita.

  1. Bukber & Reuni

Sejak minggu pertama hingga pertengahan, ajakan bukber datang dari mana saja. Mulai dari teman SD hingga perguruan tinggi, teman kerja, komunitas, dan lain-lain. Terkadang acara ini lebih banyak “mengobrol” dan “menggosip” daripada berbuka puasa dan ibadahnya. Semoga kawan GNFI tidak seperti itu ya!

  1. Jajanan, Gorengan dan Es.

Pada bulan puasa, kita akan cenderung lapar mata dan membeli macam-macam makanan. Gorengan, Es/Minuman dan jajanan selalu menjadi incaran, padahal tidak semua gorengan yang dijual itu sehat dan baik untuk kesehatan. Alhasil setelah beberapa hari puasa, dokter atau klinik penuh dengan orang-orang yang mengeluh sakit tenggorokan.

  1. Berbagi Takjil dan Makanan untuk Berbuka

Tak sedikit orang-orang yang membagikan takjil dan makanan berbuka gratis di jalanan, mulai dari Komunitas sampai kantoran. Dengan cara membagikan langsung di jalanan, tak jarang hal ini membuat jalan menjadi macet karena antrian ini. Yang terpenting semuanya senang!

  1. Berbelanja Kurma

Dalam setahun, bulan ramadan adalah bulan di mana orang-orang akan membeli kurma lebih banyak dari hari biasanya. Hal ini dikarenakan anjuran agama saat berbuka puasa untuk memakan 3 butir kurma terlebih dahulu sebelum makan berat.

  1. Menukarkan Uang ke Bank

Menjelang lebaran, bank akan membuka layanan penukaran uang. Uang tersebut nantinya akan dipakai untuk memberikan THR atau uang salam tempel ke sanak-saudara. Bahkan yang masih bayi juga sudah mendapat “amplop” lebaran.

Baca Juga
Ini Dia Rahasia Kulit Tetap Terawat Sehabis Liburan Bikin Rekan di Kantor Pangling
Ini 4 Trik Simpel agar Makeup Terlihat Flawless
Jangan Memaki, Ini Cara Tepat Berkomunikasi dengan Anak yang Salah
  1. Berbelanja Baju Lebaran

Pada H-10 lebaran, orang akan berbondong-bondong menuju ke tempat belanja atau mall untuk membeli baju lebaran. Mulai dari baju putih, peralatan sholat sampai baju kasual untuk berkunjung ke rumah keluarga.

(sas)