200 Bangunan Rusak Pada Gempa Meksiko dan Menyebabkan Korban Tewas Meningkat Menjadi Dua

Manaberita.com – KORBAN tewas akibat gempa kuat yang melanda Meksiko barat pada Senin telah meningkat menjadi dua, kata seorang pejabat pemerintah, ketika pihak berwenang menilai kerusakan akibat gempa yang melanda pada peringatan ‘terkutuk’ dari dua gempa bumi sebelumnya di negara itu. Laura Velazquez, kepala badan perlindungan sipil Meksiko, mengatakan pada hari Selasa bahwa dua kematian di Colima disebabkan oleh runtuhnya sebagian bangunan. Sepuluh orang juga terluka: sembilan di Colima dan satu di negara tetangga Michoacan.

Melansir dari Aljazeera, Lebih dari 200 bangunan rusak, termasuk puluhan sekolah dan pusat kesehatan, kata Velazquez dalam konferensi pers. Sebagian besar kerusakan terjadi di negara bagian Pasifik Colima dan Michoacan, dekat dengan pusat gempa Michoacan, yang terjadi pada tanggal yang sama dengan dua gempa sebelumnya yang menghancurkan Meksiko pada tahun 1985 dan 2017, masing-masing. Sekitar 20 bangunan di Mexico City mengalami kerusakan ringan, kata Velazquez, sementara 692 gempa susulan telah tercatat sejak gempa melanda, dengan yang terkuat berkekuatan 5,8 pada Selasa pagi.

Sirene peringatan untuk gempa Senin sore datang kurang dari satu jam setelah alarm berbunyi dalam simulasi gempa nasional yang menandai dua gempa sebelumnya yang terjadi pada tanggal yang sama. Gempa berkekuatan 8, berpusat di dekat pantai negara bagian Guerrero, menewaskan sedikitnya 9.500 orang pada tahun 1985, sementara lebih dari 360 orang tewas dalam gempa berkekuatan 7,1 yang melanda pada tahun 2017.

Pusat gempa Senin terletak di dekat pantai Pasifik, sekitar 400km (250 mil) barat ibukota, Mexico City, dan 59km (37 mil) selatan Coalcoman di negara bagian Michoacan, menurut seismolog. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan ada kerusakan material di dekat pusat gempa, tetapi untungnya jumlah korban tewas tidak lebih tinggi. “Itu adalah getaran dengan intensitas yang cukup besar,” katanya. Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum mengatakan tidak ada laporan kerusakan besar di ibu kota.

Namun, listrik padam di beberapa bagian kota, termasuk di lampu lalu lintas, yang mengganggu lalu lintas ibu kota yang sudah terkenal buruk itu. Para ahli mengatakan tidak ada alasan ilmiah untuk tiga gempa bumi kuat terjadi pada hari yang sama dan menghubungkannya dengan kebetulan. “Tidak ada alasan fisik atau bias statistik terhadap gempa bumi pada bulan tertentu di Meksiko,” kata Paul Earle, ahli seismologi Survei Geologi AS.

Xyoli Perez-Campos, seorang peneliti di departemen seismologi di Institut Geofisika Universitas Otonom Nasional Meksiko, juga mengatakan tidak ada alasan fisik untuk kebetulan itu. Gempa Senin adalah hasil dari “interaksi lempeng Cocos dengan lempeng Amerika Utara”, yang juga menyebabkan gempa 1985, kata Perez-Campos. Lima lempeng Amerika Utara, Pasifik, Rivera, Karibia, dan Cocos semuanya berada di bawah wilayah Meksiko.

“Piring-piring itu pecah ketika waktunya pecah,” kata Perez-Campos. “Apa yang akan mereka ketahui tentang kalender? “Tetapi banyak orang di Meksiko tidak dapat mempercayainya. Beberapa orang bereaksi terhadap gempa terbaru dengan memposting serangkaian meme secara online, melepaskan kecemasan mereka dan menemukan humor dalam bencana alam.

“Ini benar-benar aneh, tetapi banyak orang sudah tidak menyukai hari itu,” kata Jorge Ornelas, koordinator pusat panggilan, menambahkan bahwa banyak kenalannya mulai khawatir tentang gempa bumi yang akan datang September. “Jika kita terus berpikir bahwa setiap 19 September akan berguncang, itu akan terus terjadi setiap tahun, karena apa yang Anda pikirkan selalu terjadi,” kata Ornelas.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Sun, 05 Feb 2023
Jazilul Fawaid Nilai Tak Ada Lagi Alasan Untuk Tunda Pemilu 2024

Manaberita.com – JAZILUL Fawaid selaku Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa...

  • Sun, 05 Feb 2023
Dinkes Temukan Dua Kasus Baru Ginjal Akut Terkonfirmasi di DKI

Manaberita.com – DINAS Kesehatan atau Dinkes DKI Jakarta mengonfirmasi terkait temuan...

  • Sun, 05 Feb 2023
Terkait Wacana Tunda Pemilu, Bamsoet Serahkan ke Parpol

Manaberita.com – KETUA MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebutkan peluang terwujudnya...

  • Sun, 05 Feb 2023
PSI Usulkan Jabatan Gubernur Dipilih Oleh Presiden

Manaberita.com – PARTAI Solidaritas Indonesia atau PSI tidak setuju dengan usulan...

  • Sun, 05 Feb 2023
Sandiaga Uno Diminta Demokrat Buka Perjanjian dengan Anies soal Utang Rp 50 M

Manaberita.com – PARTAI Demokrat merespons isu terkait capres NasDem, Anies Baswedan,...

  • Sun, 05 Feb 2023
Polisi Korban Pemerasan Sesama Polisi Ajukan Mundur dari Polri: Capek Tak Diusut-usut

MANAberita.com – ANGGOTA Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih, yang saat ini...

Press ESC to close