Cara Merawat Mobil Agar Makin Kinclong Dibawa Silaturahmi

  • Kamis, 16 Maret 2023 - 15:29 WIB
  • Bisnis
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/p7tai9P7H-s

Manaberita.com – Mobil adalah kendaraan andalan untuk dibawa dalam aktivitas sehari-hari.

Apalagi sebentar lagi hari raya dan Anda membawanya untuk mudik ke rumah orang tua di kampung dan silaturahmi ke rumah kerabat. Kondisi kendaraan roda empat wajib diperiksa dan dirawat agar benar-benar prima dan tidak mogok serta menyusahkan di perjalanan.

Sudahkah mengetahui beberapa tips merawat mobil agar ia kinclong dan mesinnya bagus terus?

Mobil Tetap Mengkilap dan Bugar Saat Mudik, Lakukan Cara Berikut

Ini adalah cara-cara mudah agar mobil dalam keadaan prima ketika akan dibawa mudik:

1. Lakukan Servis dengan Teratur
Sudahkah Anda menyayangi mobil dengan cara servis secara berkala? Sebuah kendaraan apalagi jenis roda empat harus diperiksa keadaannya di bengkel langganan. Tak hanya dilihat kondisi lapisan cat dan bagian luarnya. Namun juga onderdil di bagian dalamnya harus dicek dengan rinci.

Mobil harus diperiksa ke bengkel satu bulan sekali agar bisa diketahui apakah ada radiator yang bocor? Apakah aki mobilnya masih layak atau wajib diganti dengan yang baru, karena sudah dipakai selama lebih dari setahun? Dengan pengecekan di bengkel secara rutin maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah saat mobil dibawa berkendara jauh, nanti saat pulang kampong.

Baca Juga:
Ketupat Lebaran Sudah Ada Sejak Zaman Sunan Kalijaga

2. Proteksi Mobil dengan Hati-Hati
Proteksi adalah hal yang juga wajib dilakukan jika Anda ingin mobil kesayangan tetap mulus dan kinclong. Caranya cukup dengan lindungi mobil saat tak digunakan. Jika garasi di rumah model semi terbuka alias hanya dilindungi oleh kanopi di bagian atas, maka kendaraan roda empat tersebut harus ditutup dengan cover khusus yang didesain untuk melindungi mobil. Dengan proteksi dari cover maka cat mobil akan lebih awet karena tidak terkena panasnya sinar mentari atau ganasnya hujan deras.

3. Jangan Lupa Perawatan Cat Mobil
Tips merawat mobil yang selanjutnya adalah dengan merawat cat mobil dengan telaten dan hati-hati. Jangan hanya menserviskan mesinnya, tetapi wajib juga untuk rawat catnya secara rutin serta lapisan cat juga harus diperhatikan. Anda tak hanya cukup mencuci mobil secara berkala, tetapi juga merawat lapisan catnya dengan produk-produk yang bisa melindungi dan mencegah warnanya pudar, bahkan retak-retak.

4. Panaskan Kendaraan Roda Empat Tiap Hari
Dipakai atau tidak dipakai, sebuah kendaraan roda empat wajib dipanasi setiap hari. Jadi pagi-pagi Anda sudah datang ke garasi lalu memanaskan mobil kesayangan, walau hanya sebentar. Jika kendaraan roda empat tersebut rajin dipanasi maka mesinnya akan tetap prima dan siap dibawa berkendara jarak jauh saat mudik dan silaturahmi hari raya.

Baca Juga:
Peringatan Buat Umat Muslim dari Warga Papua ini Bikin Kaget

5. Jangan Lalai Isi BBM
Anda wajib melihat indikator bensin dan jangan lalai dalam mengisi BBM. Jangan sampai kehabisan bahan bakar di jalan karena hal ini akan berakibat sangat buruk pada kondisi mesin mobil. Pastikan jika indikator menunjukkan isi BBM tinggal 30 persen, langsung datang saja ke POM bensin terdekat untuk mengisinya sampai penuh.

6. Cek Kelayakan Ban Mobil
Selain cat dan mesin, yang wajib Anda perhatikan sebelum mudik adalah bannya. Pastikan keempat ban mobil masih layak dibawa dalam perjalanan yang cukup jauh alias tidak ‘gundul’. Jika sudah hampir aus maka ganti semua ban dan sekalian beli ban serep alias cadangan.

Sebenarnya, tips merawat mobil tidak terlalu ribet dan menyusahkan, asal Anda telaten dan menyiapkan dananya. Yang perlu dipastikan adalah kelayakan ban mobil dan pemeriksaan mesinnya. Selain itu pastikan kendaraan roda empat tersebut diproteksi dengan cover mobil saat tak digunakan. Untuk merawat cat mobil Anda juga bisa mencobanya di rumah sendiri dengan membeli perlengkapan dan bahan-bahannya di Blibli. Dengan promo april dapatkan harga khusus untuk perangkat perawatan mobil sehingga kendaraan Anda tetap berkilau. Blibli, marketplace kesayangan dan paling terpercaya di negeri ini.

Komentar

Terbaru