Siklus Haid Tak Teratur, 6 Cara Memperlancar

MANAberita.com – SIKLUS haid yang tak teratur tentunya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tak perlu risau karena ada beberapa cara agar haid yang tak teratur agar kembali normal.

Melansir WEbMD, haid yang tak teratur bisa disebabkan oleh berbagai hal. Orang-orang yang mengalami masalah ini umumnya adalah remaja putri dan wanita menjelang menopause.

Hal itu lantaran hormon estrogen dan progesteron tubuh wanita saat remaja dan usia lanjut memengaruhi pola normal menstruasi sehingga kerap mengalami haid tidak lancar.

Penyebab lainnya bisa juga karena penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), mengganti pil KB, menggunakan obat-obatan tertentu, berolahraga terlalu banyak, PCOS, dan lainnya.

Selain itu, daya tahan tubuh dan stres juga dianggap dapat memengaruhi siklus dan pola menstruasi.

Dikutip dari Medical News Today, sejumlah penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa memperlancar haid yang tidak teratur bisa dilakukan dengan perawatan rumahan serta menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Berikut ini 6 cara memperlancar haid yang tak teratur yang diambil dari berbagai sumber.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga tak sekadar memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah haid yang tidak lancar serta meringankan gejala menstruasi seperti kram.

Selain itu, berolahraga secara rutin juga dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan sedang yang direkomendasikan.

Baca Juga:
Setelah Diterjang Tsunami, Banten Rawan Ular Tanah Mematikan

2. Berlatih yoga

Gerakan-gerakan yoga dinilai dapat membantu melancarkan haid secara efektif. Penelitian yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine (JAMA) menemukan sejumlah fakta mengenai manfaat berlatih yoga.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa yoga bisa membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

Berbagai manfaat ini dirasakan oleh peserta yang telah beryoga selama 35-40 menit untuk 5 hari seminggu selama 6 bulan.

Baca Juga:
Diberi Hadiah Melahirkan, Atta Halilintar Belikan Tas Kulit Buaya Senilai Rp 1 M Lebih

Tidak hanya itu, berlatih yoga juga dapat mengurangi nyeri tubuh, nyeri payudara, dan kram perut yang biasanya terjadi menjelang atau saat haid.

3. Meditasi
Meditasi merupakan cara sederhana dan gratis untuk mengurangi stres di rumah atau di tempat kerja. Mengurangi stres dapat membuat haid lebih teratur.

Peneliti JAMA menyarankan meditasi dapat meningkatkan berbagai efek buruk dari stres psikologis. Cobalah bermeditasi hanya beberapa menit dan tingkatkan waktunya satu menit setiap hari.

4. Banyak minum air putih
Hal yang tidak kalah penting adalah banyak mengonsumsi air putih saat haid agar tubuh tetap terhidrasi. Jika asupan air terpenuhi, Anda dapat terhindar dari rasa nyeri saat haid seperti kram perut dan sakit punggung.

Baca Juga:
Tips Aman Menghindari Begal Motor, Wajib Tahu!

Selain itu, tubuh yang terhidrasi juga dapat membantu memperlancar haid dan membantu mencegah darah mengental.

  1. Menjaga berat badan
    Salah satu cara memperlancar haid adalah menjaga berat badan ideal. (iStock/tortoon)
    Tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat memengaruhi siklus dan volume darah haid. Untuk itu, Anda sebaiknya menjaga berat badan agar tetap ideal untuk membantu melancarkan haid setiap bulannya.

    Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, Anda bisa membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

    6. Redakan dengan Kunyit
    Dikutip Healthshots, kunyit mengandung sifat antispasmodik dan anti-inflamasi yang bermanfaat mengatasi nyeri haid. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup rebus satu hingga dua ruas jahe ke dalam secangkir air. Meski demikian, disarankan untuk tidak tidak terlalu banyak mengonsumsi air jahe setiap hari karena ini dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

    (sas)

Komentar

Terbaru