Non-Dairy Avocado Chocolate Ice Cream

MANAberita.com – BAGI Anda yang tak suka susu, alergi dengan susu sapi atau sedang mengurangi konsumsi susu sapi dan turunannya biasanya benar-benar menghindari dan bahkan meninggalkan makanan-makanan yang mengandung susu, seperti pancake, es krim, macaroni panggang dan beragam hidangan lainnya. Padahal, Anda tetap bisa menyantap sajian lezat tersebut hanya dengan mengganti susu sapi dengan pilihan bahan pengganti lain seperti santan, misalnya.

Resep dari Taste.com.au yang satu ini mungkin dapat menginspirasi Anda dalam membuat dessert tanpa menggunakan susu sapi. Yuk, intip resep Non-Dairy Avocado Chocolate Ice Cream berikut ini!

Bahan-bahan:
400 ml santan
400 ml krim kelapa (dapat diganti santan kental)
60 ml sirup glukosa bebas gluten
80 gram gula kastor
35 gram bubuk kakao
60 ml air mendidih
1 bh alpukat ukuran kecil, tumbuk halus
1/2 sdt perisa vanilla
2 sdm kacang pistachio cincang, panggang sebentar

Cara membuat:
1. Masukkan santan, krim kelapa, sirup dan gula dalam panci di atas api sedang. Masak sambil diaduk sesekali, selama 3—4 menit atau sampai adonan halus dan mulai mendidih. Matikan api.

2. Tuang adonan ke dalam food processor kemudian proses selama 1 menit. Tuang ke dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti kemudian simpan di dalam lemari es selama 3 jam atau sampai beku.

3. Tempatkan kakao dalam mangkuk kecil. Tambahkan air mendidih. Aduk sampai kakao larut dan halus. Sisihkan hingga dingin.

4. Tuangkan es krim kelapa ke dalam food processor. Tambahkan alpukat, campuran kakao dan vanili. Proses hingga kental dan lembut kemudian tuang kembali ke dalam loyang. Tutup permukaan loyang bungkus plastik kemudian bekukan kembali selama 3 jam atau sampai beku di dalam lemari es.

Baca Juga
Resep Kue Kering Lebaran, Nastar Nanas yang ‘Nyeees’ di Mulut
Mengintip Menu Paling Laris Pempek Beringin di Go-Food
Menu Berbuka Puasa, Resep Pepes Ayam

5. Keluarkan kembali es krim, proses kemvalu du dalam food processor hingga benar-benar halus. Tuang kembali ke dalam loyang, taburu dengan pistachio dan tutup kembali permukaan loyang dengan bungkus plastik. Dinginkan semalaman.

6. Keluarkan es krim dari freezer 10 menit sebelum disajikan.