Test CAT CPNS 2017

 

MANAberita.com – PESERTA seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 membawa jimat saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan system Computer Assisted Test (CAT), Selasa (26/09).

PNS merupakan salah satu pekerjaan yang sangat di minati di Indonesia. Buktinya, hanya dalam kurun waktu sekitar 2 minggu, 11 September sampai 26 September 2017, jumlah pelamar lebih dari 1 juta orang.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), agar bisa lolos seleksi tes kompetensi dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAD BKN). Bukan hanya cara yang wajar, sejumlah pelamar juga ketahuan membawa jimat agar bisa lulus tes SKD CAT yang belum lama digelar.

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga BKN, Diah Eka Palupi, menyebutkan bahwa jimat yang dibawa dan dipakai oleh pelamar CPNS ini ditemukan di Kalimantan, Sulawesi, Yogyakarta, dan Palembang.

Meski jimat-jimat yang dibawa disita sebelum tes berlangsung, Diah mengatakan bahwa jimat tersebut langsung dikembalikan ke peserta begitu ujian selesai. “Selepas ujian semua jimat dikembalikan ke peserta,” tutur Diah, Selasa (26/09), dilansir dari Liputan 6.com.

Selain itu, Diah juga berpesan pada seluruh peserta yang hadir untuk tak mempercayai jimat yang diklaim bisa membuat mereka lulus tes.

“Pelamar D3/SMA CPNS 2017 jangan percaya dengan jimat. Percaya hanya pada Allah SWT, Tuhan YME dan yakin pada kemampuan diri,” tegasnya.

Berikut sejumlah jimat yang diamankan sementara oleh panitia.

 

Jimat berupa kain putih ini memiliki sebuah buntalan yang dimasukkan ketengahnya

 

Jimat berupa peniti yang ditusukkan pada buah dan lipatan kertas terbungkus plastik

 

Selain itu, beberapa jimat dengan bentuk dan rupa yang berbeda juga sempat diamankan panitia.

 

Kejadian ini sempat hebohkan Media Sosial seperti pada unggahan akun Twitter @BKNgoid yang memperlihatkan sejumlah jimat dari peserta tes CPNS 2017. Unggahan tersebut menuai banyak kritikan dari netizen.

@dadanrahmdani7 “dulu saya ikutan test CPNS yg kuat hanya doa org tua…. dan alhmdllh cuma itu jalan sya bwt lulus…

@dwi_nugrahasari “Astaghfirullah…saking karena apa? Pengen dapet kerjaan! Padahal rejeki gak akan ketuker kok,usaha sih usaha tapi ya harus tetep punya iman

Baca Juga
Ngeprank Handuk Terbuka di Depan Driver Ojol, Wanita ini Tuai Kecaman Warganet
Kelaparan dan Pusing, Peserta Tes CPNS: “Saya Pulang Saja Pak”
Dua Siswi Tunggu Jemputan Sekolah Ini Hebohkan Netizen, Ada apa?

@annidaulya “Naudzubillah… smg sukses bagi para pejuang CPNS yg berjuang dengan cara yang benar

@tendednsis “nek aku sih tetep berpegang teguh pada doa walaupun nilainya mepet, tapi tetep lulus passgrde, doa orang tua lebih terjamin daripada jimat”. (Int)