Gorengan

MANAberita.com – GORENGAN merupakan makanan yang digemari banyak orang di Indonesia. Meskipun sebenarnya menu ini tidak dianjurkan dalam sisi kesehatan karena kandungan kolestrol dan lemak jenuh pada minyak gorengan dapat menciptakan plak di pembuluh darah.

Mengetahui fakta bahwa menu ini seperti tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, seorang dokter spesialis jantung pun akhirnya memberikan tips sehat untuk penyuka gorengan.

Tips itu diberikan oleh Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah, dr Vito A Damay. Menurutnya, fakta bahwa gorengan mengandung kolestrol tinggi dan dapat mempercepat proses penyempitan pembuluh darah tidak bisa dihindarkan.

Namun Anda yang ingin tetap mengonsumsi gorengan bisa melakukan beberapa tips tersendiri untuk tetap sehat dan jauh dari sakit jantung. Bagaimana tips dari dr Vito itu? @manaberita_ melansir dari laman Klik Dokter seperti berikut:

1. Gunakan minyak goreng sehat

Maksudnya adalah minyak yang bisa dipakai menggoreng namun kandungan lemak jenuhnya rendah. Jenisnya seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Memakai minyak ini risiko naiknya kolesterol jahat (LDL) menjadi rendah.

2. Porsi sedikit

Gorengan sebaiknya dikonsumsi sedikit saja porsinya, walau telah digoreng dalam minyak sehat. Kalori dan lemak masih tetap ada di dalamnya dan berisiko memicu masalah pada kesehatan.

3. Makan sayur dan buah

Baca Juga
Tak Malu Sambilan Jadi Driver Ojol, Dokter Tampan ini Curi Perhatian Netizen
Nenek 104 Tahun Ngaku Gemar Minum Diet Cola Agar Tetap Sehat, Bagini Tanggapan Dokter
10 Rahasia Sukses Taklukkan Hati Camer Sejak Pertama Bertemu

Perbanyak porsi sayur dalam setiap sesi makan Anda, jika sehari-hari Anda suka menyantap gorengan. Buah pun sangat disarankan dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan kosong, sehingga nutrisinya maksimal diserap.

Minum air putih juga jadi hal yang perlu diperbanyak asupannya untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, serta mencegah penyerapan LDL di pencernaan. Dengan demikian maka risiko penyakit jantung bisa diperkecil kemunculannya.

Itulah tadi tips dari dokter jantung agar Anda pecinta gorengan bisa tetap sehat. (Int)