Pasta gigi

MANAberita.com — SELAIN mata, biasanya yang paling menjadi pusat perhatian dari wajah seorang wanita adalah bibirnya, dan memang, juga kebersihan giginya. Akan tetapi, ketika seseorang baru pertama kali bertemu, yang paling mendapatkan kesan pertama ialah keindahan bibirnya.

Apakah bibirnya terlihat sehat dan halus sekalipun menggunakan lipstik, atau kulit luar bibirnya itu pecah-pecah dan terkelupas? Nah, seringkali wanita tidak mau jika bibirnya terlihat kering, pecah-pecah, apalagi keunguan dan bahkan kehitaman.

Karena itulah, ada sebagian wanita yang terpaksa melakukan treatment atau sulam bibir, agar bibir mereka tetap terlihat merah alami meski tidak menggunakan lipstik. Padahal, ada beberapa cara yang jauh lebih murah dan mudah untuk memerahkan bibirmu, lho! Salah satunya adalah dengan menggunakan odol. Kok bisa? Yap, berikut inilah cara memerahkan bibir dengan odol yang bisa kamu praktikkan di rumah!

Bahan-bahan yang Biasanya Terdapat Pada Odol Atau Pasta Gigi

Pasta gigi atau odol yang biasa kita gunakan sebagai pelengkap untuk menyikat gigi umumnya mengandung beberapa bahan aktif, seperti flouride yang menjadi komponen utama dalam pembuatan odol dan bertugas sebagai pelindung gigi, serta menjaganya dari karang gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

Selain flouride, ada juga zat pengikat yang merupakan senyawa koloid hidrofolik, yang bertugas sebagai mengikat air dan menstabilkan bahan-bahan penyusun pasta gigi agar tidak menggumpal. Ada pula agen abrasif seperti, kalsium karbonat, silika gel dihidrat, dikalsium fosfat dihidrat, yang berfungsi untuk mengikis sisa makanan dan noda atau bakteri.

Selain ketiga bahan itu, biasanya di dalam odol atau pasta gigi juga mengandung humektan yang berfungsi menjaga tekstur odol agar tak mudah mengeras, detergen yang bisa memutihkan dan membersihkan gigi, serta perasa untuk menghilangkan rasa pahit yang mungkin ada pada odol. Nah, setelah mengetahui beberapa kandungan odol atau pasta gigi di atas, saatnya kita pelajari yuk, dua cara memerahkan bibir dengan odol!

1. Cara Memerahkan Bibir dengan Odol dan Madu

Seperti yang mungkin pernah kita tahu, bahwa madu adalah salah satu bahan yang mampu melembapkan dan menyehatkan bibir. Nah, apabila madu dicampur dengan odol yang bersifat mampu membersihkan, tentunya khasiat dari kombinasi madu dan odol ini akan lebih ampuh dalam membersihkan dan melembapkan bibir, serta dapat menyebabkan bibir tampak kemerahan karena efek sehat yang didapatkan dari madu. Maka dari itulah, cara memerahkan bibir yang bisa kamu praktikkan di rumah adalah dengan menggunakan dua bahan utama, yaitu odol dan madu.

Caranya:

Siapkan odol atau pasta gigi seukuran biji jagung yang dikombinasikan dengan 1 sendok makan madu.

Aduk kedua bahan itu sampai rata.

Kemudian, oleskan campuran odol dan madu tersebut ke seluruh permukaan bibir, sambil dipijat dengan arah melingkar secara perlahan, dan biarkan selama 15 menit.

Jika sudah 15 menit berlalu, saatnya membersihkan sisa campuran odol dan madu yang ada di bibir dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk. Sebisa mungkin, ulangi cara tersebut setiap 2-3 kali dalam seminggu secara rutin, untuk hasil yang maksimal, ya!

2. Cara Memerahkan Bibir dengan Odol dan Gula Pasir

Cara kedua yang bisa kamu praktikkan adalah dengan menggunakan perpaduan odol dan gula pasir. Dalam hal ini, gula pasir bisa berfungsi sebagai eksfoliator atau scrub alami yang bisa

membersihkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Caranya:

Siapkan odol dan gula pasir, sebisa mungkin gunakan odol yang rendah detergen.

Campur kedua bahan tersebut, aduk hingga rata dan bertekstur renggang atau tidak terlalu padat, agar mudah ketika meratakannya di permukaan bibir.

Baca Juga
Bukan Ulah Mantan! Beginilah Kronologi Sebenarnya Pada Kericuhan di Pesta Pernikahan yang Viral
Tips Membuat Bubur Ketan Hitam Legit, Cocok Dimakan Kapan Aja
19 Tahun Menikah, Victoria Beckham Marah Besar Hingga Lari ke Jerman Karena Suami Beberkan Rahasia ini

Oleskan segera kedua bahan yang sudah diaduk rata tadi pada permukaan bibir, sekaligus beri pijatan halus dengan arah melingkar selama 2-3 menit.

Setelah dipijat, diamkan selama 10 menit.
Bersihkan formula odol dan gula pasir di bibirmu dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk. Ulangi cara tersebut setiap 2-3 kali dalam seminggu.
Lakukan kedua cara memerahkan bibir dengan odol tersebut secara rutin. Namun, jangan terlalu

sering melakukannya ya, Beautynesian!Sebab, beberapa bahan yang terkandung pada odol akan memberikan dampak bibir pecah-pecah, apabila digunakan terlalu lama dan terlalu sering di atas permukaan bibir. Well, selamat mencoba! (Dil)