MANAberita.com – SEORANG wanita di Argentina mengira dirinya telah berhasil menyelamatkan anak kucing yang terlantar. Tetapi beberapa bulan kemudian dia diberi tahu bahwa yang dia pelihara adalah jaguar liar.

Perempuan itu bernama Florencia Lobo. Ia mengatakan bahwa saat bepergian ke Provinsi Tucuma di barat laut Argentina, dia melihat dua ekor hewan yang tampak seperti anak kucing berada di dekat seekor kucing dewasa yang telah mati.

Dia lalu mengira bahwa keduanya baru saja dilahirkan dan induknya tewas dalam proses itu. Florencia Lobo lalu menyelamatkan keduanya dengan membawanya pulang.

“Kami kira itu kucing liar yang mati saat melahirkan,” ujar Florencia Lobo seperti dikutip dari People, melansir GenPI.co.

Sayangnya salah satu anak kucing mati tak lama kemudian dan menyisakan seekor saja. Florencia menamakannya Tito.

Dua bulan kemudian dia membawa Tito ke Dokter Hewan untuk pemeriksaan dan dia mendapatkan kabar aneh, dokternya mengatakan Tito bukanlah kucing rumahan.

“Dokter Hewan tidak tahu apa jenisnya tapi Tito bukan kucing biasa,” ujar Florencia lagi.

Dokter Hewan itu lalu memberi kontak Cagar Alam setempat kepada majikan Tito yang kebingungan ini. Setelah mengontak Cagar Alam, teranglah informasi tentang Tito. Hewan itu memang kucing, tapi bukan rumahan, melainkan kucing liar dari jenis jaguar. Nama latinnya Tito adalah puma yagouaroundi.

Jaguar adalah kucing liar yang merupakan saudara jauh dari kucing peliharaan (felis catus) yang jinak. Mereka hidup di dalam hutan hujan Amerika Selatan dengan ukurannya sedikit lebih besar dati kucing peliharaan, dengan berat berkisar antara 3,6 sampai 7,6 kilogram.

Baca Juga
Terungkap! Inilah Nasib Hulk Setelah Avenger: Endgame, Tidak Ada di Film!
Mancing Saat Libur Sekolah, Pelajar SMP di Sultra Tertusuk Moncong Ikan Marlin
Emak-emak Terkena Serangan Jantung Usai Omeli Anak yang Tak Bisa Kerjakan PR Matematika

Ukuran yang nyaris sama dan sesama berasal dari keluarga kucing-kucingan membuat orang awam seperti Florencia tidak menyadari perbedaan jaguar dan kucing.

Indonesia pun memiliki jenis kucing liar, seperti macan tutul dan macan dahan. Macan tutul hidup di Jawa sebalah barat sedangkan macan dahan hidup di Kalimantan dan Sumatra.