Bayi sungsang

MANAberita.com — KETIKA hamil kita USG ke dokter kandungan dan mendengar bahwa kepala bayi kita sungsang pasti beberapa moms akan panik. Sama seperti aku ketika hamil anak pertama. Padahal kondisi kepala sungsang pada bayi itu wajar sekali terjadi meskipun usia kehamilan sudah masuk trimester 3. Ini terjadi karena posisi bayi didalam perut hidup dalam air ketuban, sehingga bisa menyebabkan bayi berenang kesana kesini.

Secara umum kepala bayi akan berada di bawah ketika mendekati HPL, biasanya antara 34 hingga 38 minggu. Posisi ini dipercaya dapat melancarkan proses lahiran normal dan mencegah terjadinya beberapa resiko yang dapat terjadi di ruang bersalin. Tidak heran beberapa Moms pasti akan kuatir dengan kondisi kepala bayi yang masih sungsang. Selagi belum melahirkan, Moms tetap bisa berusaha untuk mengatasi kepala bayi yg sungsang.

Berikut adalah caraku untuk mengubah posisi kepala bayi sungsang ketika kehamilan, mengutip dari Babyologist

  1. Selalu ajak komunikasi

Dalam tubuh Ibu hamil ada nyawa seorang bayi. Mereka selalu bersama selama 24 jam dalam kurang lebih 9 bulan. Emosi apa yang kita rasakan entah itu sedih, bahagia, takut itu sangat mempengaruhi keadaan mereka di dalam rahim. Dari situ aku percaya bahwa sebelum kita bertemu dg bayi yg ada di dalam perut, perasaan kita sudah menyatu. Hal ini yang dapat ibu hamil manfaatkan untuk memberi afirmasi positif pada bayi. Sambil di elus, ajak komunikasi. Waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah ketika pikiran kita fresh dan tenang. Biasanya aku lakukan ketika malam dan bangun tidur.

  1. Cat Cow Pose

Gerakan ini selalu aku lakukan setiap hari 15 menit. Letakkan posisi telapak dltangan dan lutut Moms di atas matras (table position). Kemudian angkat punggung ke atas (pandangan ke arah bawah), kemudian lengkukkan punggung kerah berlawanan (pandangan ke arah depan) lakukan gerakan ini secara rutin setiap harinya.

  1. Knee Chest Position

Cara melakukan gerakan ini adalah Moms mengangkat pantat ke atas dan menempatkan dada di lantai dengan posisi tangan di samping. Jika posisi ini dirasa kurang nyaman Moms bisa memberikan bantal pendek di bagian dada atau sambil menopang kepala Moms menggunakan kedua tangan sebagai bantal. Lakukan gerakan ini dan tahan 30 menit. Posisi ini aman dilakukan di segala usia kehamilan dan aman dilakukan lebih dari satu kali dalam sehari.

Baca Juga
Sempat Dikira Meninggal Dunia, Bayi yang Diselamatkan dari Bibir Pantai Rupanya Masih Hidup
Masya Allah, Dilempar dari Lantai 3, Bayi Laki-Laki yang Baru Dilahirkan ini Masih Hidup
Ikuti Tes SBMPTN, Peserta Ujian Melahirkan di Toilet
  1. Bridge

Moms dapat berbaring telentang, lipat kedua lutut hingga telapak kaki menapak di lantai. Lalu, naikkan pinggul dan lengkungkan tulang pantat ke arah belakang dengan mengangkat perut senyaman yg Moms inginkan. Tahan beberapa detik, rileks. Kemudian ulangi lagi gerakan tersebut. Jika Moms merasa kesulitan Moms bisa menempatkan bantal di bagian pantat untuk membantu menompang badan Moms ketika melakukan gerakan ini.

Itu tadi beberapa gerakan yang dapat membantu memutar posisi kepala bayi yang sungsang. Semoga Moms dan janin selalu sehat hingga hari persalinan tiba. (Alz)