Pembicaraan Erdogan Dan Putin Berlangsung Lebih Dari 4 Jam, Apa Yang Diharapkan?

Manaberita.com – PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu dengan rekannya dari Rusia di Sochi pada hari Jumat, setelah menengahi kesepakatan pengiriman biji-bijian antara Moskow dan Kyiv dan ketika intervensi militer Turki di Suriah masih memungkinkan. KTT dengan Vladimir Putin terjadi pada minggu yang sama ketika sebuah kapal gandum Ukraina dapat berlayar, yang pertama sejak dimulainya konflik, di bawah kesepakatan antara pihak-pihak yang bertikai yang ditandatangani oleh PBB dan Ankara. Kredensial internasional pemimpin Turki telah didukung oleh perjanjian untuk melanjutkan ekspor pertanian dari Ukraina dan Rusia, mengurangi ancaman terhadap keamanan pangan global.

Dilansir Aljazeera, Perjalanan Erdogan yang kedelapan ke Rusia sejak awal 2019 mengikuti pertemuan tiga arah dengan Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran bulan lalu. Menurut Ankara, perkembangan regional dan global akan menjadi agenda, serta hubungan bilateral. “Berdasarkan perannya dalam kesepakatan biji-bijian, Turki telah berhasil memposisikan dirinya sebagai saluran diplomatik Rusia ke komunitas internasional,” kata Eyup Ersoy, peneliti tamu di Institute of Middle Eastern Studies, King’s College London.

“Penataan ulang diplomatik ini telah menggeser asimetri relasional lebih menguntungkan Turki dan diperkirakan akan mengurangi, sampai tingkat tertentu, perlawanan Rusia terhadap kebijakan dan inisiatif Turki dalam masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.”Analis mengatakan fokus utama Turki adalah persetujuan Moskow atau setidaknya kurangnya oposisi terhadap operasi militer Turki di Suriah utara. Rusia, pendukung utama Presiden Bashar al-Assad, menguasai sebagian besar wilayah udara utara Suriah. Erdogan mengangkat prospek operasi lain terhadap pejuang Kurdi Suriah pada bulan Mei.

“Kami bertekad untuk membasmi kelompok-kelompok jahat yang menargetkan keamanan nasional kami dari Suriah,” tegasnya selama KTT Teheran dua minggu lalu. Tal Rifaat dan Manbij, kota-kota di sebelah barat sungai Efrat yang dikendalikan oleh Unit Perlindungan Rakyat (YPG), kemungkinan menjadi sasaran. Kelompok Suriah terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah melancarkan pemberontakan bersenjata selama 38 tahun melawan Turki. PKK dianggap sebagai kelompok “teror” oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Ankara telah meluncurkan empat operasi lintas batas ke Suriah sejak 2016 dan mengendalikan tanah di utara dengan tujuan mengusir YPG dan membangun zona aman 30 km (19 mil). Serangan pada Oktober 2019 ke timur laut Suriah terhadap YPG mengundang kecaman internasional yang luas. “Erdogan menginginkan lampu hijau untuk operasi militer di Suriah,” kata Karim Has, seorang analis politik Turki yang berbasis di Moskow. “Seperti yang kita lihat di KTT Teheran, Iran dan Rusia menentang operasi ini, tetapi saya pikir Erdogan dapat membujuk Putin.

Banyak hal tergantung pada situasi domestik di Turki karena Erdogan ingin meluncurkan operasi sebelum pemilihan sehingga dia dapat mengkonsolidasikan setidaknya beberapa poin persentase dalam pemungutan suara.” Turki mengalami krisis ekonomi terburuk dalam dua dekade inflasi tahunan mencapai 79,6 persen pada hari Rabu dan Erdogan menghadapi pemilihan presiden dan parlemen pada Juni tahun depan. Kremlin dapat meredakan ketidakstabilan ini, terutama melalui gas alam. Rusia memasok Turki, yang bergantung pada impor energi, dengan 45 persen kebutuhan gasnya tahun lalu.

“Turki ingin menjaga aliran energinya dari Rusia selama musim dingin sambil mempertahankan kerja sama ekonomi untuk meringankan kesulitannya dan membuka perjanjian pertukaran [mata uang] atau mendapatkan investasi dari Rusia,” kata Emre Caliskan, peneliti di Pusat Kebijakan Luar Negeri yang berbasis di London. “Erdogan dapat menghadirkan ini sebagai kemenangan bagi publik Turki dan mungkin meringankan harga pangan dan energi yang tinggi yang kemungkinan akan menghadirkan tantangan dalam pemilihan mendatang.”

Namun, masih harus dilihat apakah ini akan cukup untuk memenangkan pemilih. “Kami telah melihat operasi ini di Suriah sebelumnya dan mereka tidak melakukan apa pun untuk membantu kami,” kata penjual tembakau Istanbul Cemil Sener, 39. “Orang-orang tahu ini hanya tipuan untuk memberi stasiun TV sesuatu yang positif untuk dilaporkan. Dan saya tidak melihat bagaimana Rusia benar-benar dapat membantu perekonomian kita sementara mereka mendapat sanksi dari Barat.” Erdogan dan Putin juga dapat membahas kemungkinan Turki berbagi keahlian drone udara bersenjatanya dengan Rusia.

Drone Bayraktar TB2 yang dijual ke Ukraina terbukti sangat efektif melawan pasukan Rusia. Bulan lalu, Erdogan dilaporkan mengatakan bahwa Putin telah menyarankan untuk mendirikan pabrik drone di Rusia selama pertemuan mereka di Teheran. Kremlin mengatakan pekan lalu bahwa “kerja sama teknis dan militer” akan menjadi agenda di Sochi, sebuah indikasi minat Rusia dalam pengadaan Bayraktar, menurut Ersoy. “Berita baru-baru ini tentang minat Rusia untuk mengakuisisi drone Iran menunjukkan urgensi masalah ini bagi Moskow,” tambahnya.

Namun, langkah seperti itu akan merusak papan utama dukungan Turki untuk Ukraina serta mengangkat alis di antara sesama anggota NATO. Awal bulan ini, kepala Baykar, yang membuat drone Bayraktar TB2 mengesampingkan pasokannya ke Moskow. “Jika Turki lebih lanjut berpartisipasi dengan Rusia dalam masalah militer pada saat Rusia dianggap sebagai ancaman terbesar bagi NATO, itu akan sangat merusak hubungan dengan Barat,” kata Karim Has.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Tue, 09 Aug 2022
Irjen Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J, Ini Peranannya

Manaberita.com – KAPOLRI  Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan eks Kadiv...

  • Tue, 09 Aug 2022
Putri Candrawathi Akan Diperiksa Timsus soal Motif Sambo Perintah Tembak Brigadir J

Manaberita.com – IRJEN Ferdy Sambo telah di tetapkan sebagai tersangka...

  • Tue, 09 Aug 2022
Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Manaberita.com – KAPOLRI telah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka...

  • Tue, 09 Aug 2022
Kapolri Minta Agar Timsus Usut Perintah Sambo soal Hilangkan Barang Bukti Pembunuhan Brigadir J

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan agar tim...

  • Tue, 09 Aug 2022
Kapolri Tetapkan Ferdy Sambo Jadi Tersangka dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J!

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penanganan terbaru...

  • Tue, 09 Aug 2022
Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa Komnas HAM Minggu Ini

Manaberita.com – ISTRI Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) dijadwalkan...

Press ESC to close