Waduh! Latihan Militer China Dilanjutkan Di Sekitar Taiwan, Sangat Provokatif

Manaberita.com – CHINA telah melanjutkan latihan militer terbesarnya di perairan sekitar pulau otonom Taiwan, dengan kementerian pertahanan Taiwan mengatakan sejumlah kapal perang dan pesawat militer melintasi garis tengah Selat Taiwan. Latihan hari Kamis, yang mencakup peluncuran rudal balistik dan penggunaan jet tempur, mengikuti kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau demokrasi yang diklaim Beijing.

Dilansir Aljazeera, Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa beberapa “kapal perang dan pesawat tempur” China telah melakukan latihan di Selat Taiwan pada pukul 11:00 (03:00 GMT) pada hari Jumat, melintasi garis median jalur air yang memisahkan China dan Taiwan. Kementerian mengatakan kegiatan militer China “sangat provokatif” dan memantau “situasi musuh” dengan cermat. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk latihan militer yang juga termasuk menembakkan rudal ke zona ekonomi eksklusif Jepang – sebagai “eskalasi yang signifikan”.

“China telah memilih untuk bereaksi berlebihan dan menggunakan kunjungan Ketua Pelosi sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas militer yang provokatif di dan sekitar Selat Taiwan,” kata Blinken pada konferensi pers setelah pertemuan para menteri luar negeri Asia Tenggara di ibukota Kamboja, Phnom Penh, Jumat. “Faktanya, kunjungan pembicara berlangsung damai. Tidak ada pembenaran untuk respons militer yang ekstrem, tidak proporsional, dan meningkat ini.”

Blinken mengatakan kebuntuan minggu ini adalah upaya terbaru Beijing untuk mengubah status quo yang rapuh atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dianggap oleh Partai Komunis China sebagai bagian dari wilayahnya untuk dipulihkan, dengan paksa jika perlu. Menteri luar negeri juga mengatakan AS berdiri dalam “solidaritas yang kuat” dengan Jepang dan “tidak akan terprovokasi” oleh tindakan China.

Latihan menembak langsung

Latihan hari Kamis melibatkan “serangan senjata rudal konvensional” di perairan di sebelah timur Taiwan, kata militer China. Kantor berita pemerintah Beijing Xinhua melaporkan tentara China “menerbangkan lebih dari 100 pesawat tempur termasuk pesawat tempur dan pembom” selama latihan, serta “lebih dari 10 kapal perusak dan fregat”. Penyiar negara CCTV dan tabloid Partai Komunis Global Times melaporkan bahwa rudal China telah terbang di atas pulau itu, dengan Global Times mengklaim latihan itu telah “sepenuhnya mengunci” pulau itu.

Taiwan mengatakan militer China menembakkan 11 rudal balistik kelas Dongfeng “dalam beberapa gelombang”. Dikatakan bahwa rudal-rudal itu berada tinggi di atmosfer dan bukan merupakan ancaman tetapi tidak memberikan rincian jalur penerbangan mereka, mengutip kekhawatiran intelijen. Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang menuduh China menghancurkan jalur air yang paling sering digunakan di dunia dengan latihan militer, menyebut negara itu sebagai “tetangga jahat” ketika wartawan bertanya tentang peluncuran rudal pada hari Jumat. Maskapai penerbangan Asia, termasuk Singapore Airlines dan Korean Air, mengubah rute atau membatalkan penerbangan pada hari Jumat karena aktivitas militer China yang terus berlanjut.

Suasana tegang di pertemuan ASEAN

Jepang melancarkan protes diplomatik setelah mengumumkan bahwa lima dari sembilan rudal yang ditembakkan ke wilayahnya telah mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE), sementara China memanggil duta besar Jepang atas partisipasi Jepang dalam pernyataan G7 yang mengutuk latihan militer tersebut. China kemudian membatalkan rencana untuk bertemu dengan pejabat Jepang di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri Asia Tenggara di Kamboja, dan sementara diplomat top Wang Yi menyambut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dengan tepukan di bahu, ia tampaknya mengabaikan mitra Jepangnya Yoshimasa Hayashi.

Florence Looi dari Al Jazeera, yang berada di ibu kota Kamboja, menggambarkan suasana pertemuan itu sebagai “tegang” dan bahwa situasi di sekitar Taiwan telah membayangi diskusi yang diperkirakan akan berfokus pada memburuknya krisis di Myanmar. Pelosi, yang berada di Jepang dalam perjalanan terakhirnya di kawasan itu, pada hari Jumat mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan membahas badai diplomatik seputar kunjungannya dalam konferensi pers sesudahnya.

“Kami telah mengatakan sejak awal bahwa perwakilan kami di sini bukan tentang mengubah status quo di Taiwan atau kawasan,” katanya, menekankan bahwa Beijing tidak dapat mengisolasi Taiwan dengan mencegah pejabat Barat bepergian ke sana. “Pemerintah China tidak senang bahwa persahabatan kami dengan Taiwan kuat,” tambahnya. “Ini adalah bipartisan di DPR dan di Senat, dukungan luar biasa untuk perdamaian dan status quo di Taiwan.”

Taiwan telah memerintah sendiri sejak 1949 ketika komunis Mao Zedong mengambil alih kekuasaan di Beijing setelah mengalahkan Kuomintang pimpinan Chiang Kai-shek dalam perang saudara, yang mendorong pemerintah nasionalis untuk pindah ke pulau itu. AS memiliki hubungan diplomatik formal dengan Beijing, tetapi mengikuti kebijakan “ambiguitas strategis” di Taiwan. Hal ini terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau dengan sarana untuk mempertahankan diri. Beijing tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk menguasai Taiwan.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Mon, 03 Oct 2022
KAI Luncurkan Kereta Panoramic

MANAberita.com –  PT KERETA Api Indonesia (KAI) terus melakukan inovasi...

  • Mon, 03 Oct 2022
Heboh! Pasangan Suami Istri di Jambi Beli Mobil dengan Uang Koin Pecahan

MANAberita.com – PASANGAN suami istri di Kota Jambi, menghebohkan karyawan dealer...

  • Mon, 03 Oct 2022
Dalam Tragedi Kanjuruhan 28 Anggota Polri Diduga Langgar Etik

Manaberita.com – SEBANYAK 28 anggota Polisi diperiks oleh Mabes Polri atas...

  • Mon, 03 Oct 2022
Sekjen PSSI: Panpel Arema Lalai Dalam Tugasnya di Tragedi Kanjuruhan

Manaberita.com – PANITIA pelaksana pertandingan Arema dianggap lalai oleh PSSI dalam...

  • Mon, 03 Oct 2022
Buntut Prank Laporan Kasus KDRT, Baim Wong dan Paula Resmi Dipolisikan

Manaberita.com – PASANGAN artis Baim Wong dan Paula Verhoeven di laporkan...

  • Mon, 03 Oct 2022
Daftar 9 Komandan Brimob di Polda Jatim Juga Dicopot!

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mencopot Kapolres Malang...

Press ESC to close