Pada Saat Gencatan Senjata Azerbaijan Berlaku, Nancy Pelosi Mengunjungi Armenia

Manaberita.com – KETUA DPR AS Nancy Pelosi telah tiba di Armenia, di mana gencatan senjata dicapai setelah pertempuran pecah dengan negara tetangga Azerbaijan yang menewaskan ratusan tentara di kedua belah pihak. Pelosi tiba di ibu kota Armenia Yerevan pada Sabtu. Dia adalah pejabat tertinggi AS yang mengunjungi Armenia sejak negara miskin itu memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991. Kedutaan AS mengatakan kunjungan Pelosi akan mencakup pertemuan dengan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan.

Melansir dari Aljazeera, Pada hari Jumat, Pelosi mengatakan kepada wartawan di Berlin bahwa perjalanan itu “adalah tentang hak asasi manusia dan menghormati martabat dan nilai setiap orang”. Legislator AS lainnya yang menemani Pelosi termasuk Frank Pallone, ketua Komite Energi dan Perdagangan DPR, dan anggota Kongres Jackie Speier dan Anna Eshoo. Ketua Armenia Alen Simonyan mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungan tiga hari Pelosi akan “memainkan peran besar dalam memastikan keamanan kami”.

Armenia dan Azerbaijan telah berperang dua kali pada tahun 2020 dan pada tahun 1990-an atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan, daerah kantong Azerbaijan yang berpenduduk Armenia. Perang tahun 2020 menewaskan lebih dari 6.500 tentara dari kedua belah pihak dan berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia. Di bawah kesepakatan itu, Armenia menyerahkan petak-petak wilayah yang telah dikuasainya selama beberapa dekade, dan Moskow mengerahkan sekitar 2.000 penjaga perdamaian Rusia untuk mengawasi gencatan senjata yang rapuh.

Rusia adalah sekutu militer Armenia dan juga mengupayakan hubungan persahabatan dengan Azerbaijan. Pada hari Selasa, bentrokan terburuk sejak konflik 2020 meletus, dengan Baku dan Yerevan saling menyalahkan atas penembakan “intens”. Armenia menuduh Azerbaijan melakukan agresi tanpa alasan, tetapi para pejabat di Baku mengatakan militer mereka menanggapi serangan-serangan Armenia. Pashinyan mengatakan setidaknya 135 tentara Armenia tewas dalam pertempuran itu, sementara kementerian pertahanan Azerbaijan mengatakan telah kehilangan 77 orang. Permusuhan berakhir pada hari Kamis dengan mediasi dari “komunitas internasional,” menurut pejabat di Yerevan.

Rusia mengambil kredit untuk gencatan senjata.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa bentrokan terbaru telah menjadi “terlokalisasi” di bawah “pengaruh” Moskow. Ketika ditanya apakah Rusia memiliki sumber daya untuk mempertahankan pengaruhnya di wilayah tersebut mengingat fokus Moskow pada konflik hampir tujuh bulan di Ukraina, dia menjawab: “Seperti yang Anda lihat, ada cukup.”

Namun AS membantah klaim Rusia.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada kantor berita Reuters pada saat gencatan senjata bahwa Washington tidak “melihat indikasi bahwa upaya Rusia berkontribusi secara positif untuk mengamankan gencatan senjata terbaru”. Dan sebagai tanda tantangan potensial, Simonyan, pembicara bahasa Armenia, pekan lalu menyatakan ketidaksenangan dengan tanggapan aliansi militer pimpinan Rusia atas permintaan bantuan Yerevan, kantor berita Interfax melaporkan.

Armenia meminta Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Moskow untuk campur tangan, tetapi sejauh ini baru saja mengirim tim pencari fakta ke wilayah tersebut. “Kami sangat tidak puas, tentu saja. Harapan yang kami miliki tidak dibenarkan,” kata Simonyan kepada televisi nasional, menyamakan CSTO dengan pistol yang tidak menembakkan peluru, kata Interfax. Memperhatikan Armenia juga memiliki perjanjian tentang bantuan timbal balik dengan Rusia, dia mengatakan “kami mengharapkan langkah yang lebih nyata dari mitra Rusia kami, bukan hanya pernyataan atau setengah kata”.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Devina Kirana dan Rizky Billar Diduga Cinlok

MANAberita.com –  SETELAH laporan yang diakukan Lesti Kejora terkait dugaan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

Press ESC to close