Ukraina Akan Kurangi Kehadiran Kedutaan Iran Atas Serangan Pesawat Tak Berawak Rusia, Kenapa?

Manaberita.com – PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan sertifikasi duta besar Iran akan dicabut dan staf diplomatik Iran di Kyiv akan dipotong karena militer Rusia menggunakan drone Iran untuk menyerang Ukraina. Pasukan Ukraina telah menembak jatuh total delapan drone buatan Iran dalam konflik sejauh ini, kata Zelensky dalam pidato video larut malam pada hari Jumat. “Hari ini, pasukan Rusia menggunakan drone Iran untuk menyerang wilayah Dnipropetrovsk dan Odessa.

Melansir dari Aljazeera, “Enam dari drone Iran ini dijatuhkan oleh pertahanan udara kami dari komando Timur dan Selatan. Satu lagi dibawa ke darat oleh pertahanan udara angkatan laut … Dan baru saja saya diberitahu tentang jatuhnya oleh pertahanan udara komando Selatan dari serangan drone Iran lainnya,” katanya. “Menanggapi tindakan tidak bersahabat seperti itu, pihak Ukraina telah memutuskan untuk mencabut akreditasi duta besar Iran dan juga secara signifikan mengurangi jumlah staf diplomatik kedutaan besar Iran di Kyiv,” katanya.

Iran telah membantah klaim oleh Kyiv dan Washington bahwa mereka telah memasok drone ke Rusia, dan para pejabat di Teheran sebelumnya mengatakan Iran tidak akan membantu kedua pihak dalam perang karena mendukung resolusinya melalui dialog. Oleg Nikolenko, juru bicara kementerian luar negeri Ukraina, mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Sabtu bahwa sebagai tanggapan atas pasokan senjata ke Rusia, “kami mengumumkan pencabutan akreditasi Duta Besar Iran di Kyiv, dan penarikan signifikan personel diplomatik di Kedutaan Iran”.

Kementerian luar negeri Ukraina mengatakan sebelumnya bahwa “penguasa sementara Republik Islam Iran di Ukraina dipanggil” atas masalah ini, Agence France-Presse melaporkan. Sebuah pernyataan kementerian mengatakan utusan itu diberitahu bahwa pasokan senjata Iran ke Rusia “secara langsung bertentangan dengan posisi netralitas, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina” dan merupakan “tindakan tidak bersahabat yang memberikan pukulan serius bagi hubungan Ukraina-Iran”. .

Otoritas militer di Ukraina selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menembak jatuh empat kendaraan udara tak berawak Shahed-136 “kamikaze” di atas laut dekat pelabuhan Odesa. Angkatan udara mengatakan secara terpisah bahwa untuk pertama kalinya mereka menjatuhkan Mohajer-6, pesawat tak berawak Iran yang lebih besar, lapor surat kabar Ukrainska Pravda. Kementerian pertahanan Inggris awal pekan ini mendukung klaim Ukraina bahwa pasukan Ukraina kemungkinan menembak jatuh drone buatan Iran yang digunakan oleh Rusia.

Dalam pembaruan intelijen militernya pada hari Rabu, kementerian mengatakan “sangat mungkin” bahwa Rusia telah mengerahkan kendaraan udara tak berawak (UAV) buatan Iran dalam perang hampir tujuh bulan di Ukraina.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Devina Kirana dan Rizky Billar Diduga Cinlok

MANAberita.com –  SETELAH laporan yang diakukan Lesti Kejora terkait dugaan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

Press ESC to close