Malu Dengan Perut Buncit, Berikut Ini Cara Mengecilkan Akibat Makan Banyak

MANAberita.com – PERUT kosong yang belum terisi makanan biasanya terasa ringan dan ramping. Berbeda dengan sesudah selesai makan, perut menjadi sedikit berisi karena lambung terisi yang penuh.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut supaya tidak buncit?

Dilansir dari laman Healthline, perut diasumsikan seperti balon yang bisa terus membesar ketika menampung makanan dan menyusut kembali setelah makanan di dalamnya selesai dicerna.

Rata-rata panjang ukuran perut orang dewasa sekitar 12 inci atau 30 cm, dan itu bisa mengembang saat makan setidaknya menampung 1 liter makanan.

Sementara untuk ukuran perut seseorang tak bisa mengecil dengan sendirinya meski Anda mengurangi asupan makanan.

Kecuali rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Latihan tersebut dapat membantu melunturkan lemak yang tertimbun di dalam perut sehingga bentuknya jadi terlihat kecil.

Baca Juga:
Dibonceng Motor Sambil Makan Layaknya di Warteg, Video Bocah ini Viral

Selain itu, Anda juga bisa menjalani prosedur tummy tack yaitu operasi untuk memperbaiki bentuk perut, menghilangkan lemak berlebih, dan mengencangkan otot perut.

Setidaknya setelah makan banyak yang mengandung tinggi kalori, karbohidrat, dan berlemak, Berikut ini  hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut.

1. Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup tidak sebatas memberi hidrasi pada tubuh, melainkan dapat membantu melancarkan pencernaan dan proses metabolisme.

Efek baik dari minum air putih yaitu makanan di dalam usus jadi mudah dicerna dan lebih cepat menjadi tinja supaya segera dibuang agar tidak menumpuk, mengutip Medical News Today.

Baca Juga:
Jangan di Kulkas, Inilah Cara Paling Ideal Menyimpan Telur

Berbeda jika kurang minum air putih. Proses di pencernaan terhambat dan efeknya muncul kembung hingga sembelit karena tinja jadi keras.

2. Tetap aktif bergerak

Cara mengecilkan perut yang buncit yaitu pastikan tetap aktif bergerak, apalagi jika Anda habis makan banyak. Anda boleh duduk sebentar karena merasa kekenyangan, tapi jangan langsung rebahan atau tiduran.

Rebahan atau tiduran sesudah makan dapat mengganggu kinerja lambung, sehingga memicu cairan lambung kembali naik ke kerongkongan dan berimbas pada penyakit GERD.

Beberapa saat setelah makan Anda dapat melakukan aktivitas berjalan santai. Misalnya, berkeliling di sekitar rumah atau membersihkan area bekas makan yang mungkin jadi kotor.

Baca Juga:
Cewek Harus Tahu, Ternyata Begini Cara Mencuci Bra yang Baik dan Benar

3. Berolahraga

Olahraga setelah makan memang boleh saja dilakukan, asalkan Anda memberi jeda yang cukup supaya makanan bisa diproses oleh pencernaan, dan terhindar dari risiko sakit perut.

Biasanya dibutuhkan waktu jeda sekitar 2-4 jam agar makanan benar-benar berpindah dari perut ke usus kecil. Jenis olahraga yang bisa dipilih yaitu jalan santai tanpa henti selama 15 menit, jogging, atau bersepeda.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah makan yang bisa Anda coba. Namun pastikan selalu memberi jeda supaya tidak menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, hingga kram akibat gangguan di pencernaan.

(sas)

Komentar

Terbaru