Tak Disarankan Konsumsi 3 Minuman Ini Saat Berbuka Puasa

  • Minggu, 09 April 2023 - 20:30 WIB
  • Healthy

Manaberita.com – SEBAGIAN besar orang mengkonsumsi air putih sebagai menu buka puasa yang pertama kali. Akan tetapi air putih mungkin bukan menjadi pilihan utama beberapa orang saat berbuka.

Namun 3 minuman ini tak dianjurkan untuk buka puasa karena berisiko membuat perut kembung dan menambah dehidrasi. Apa saja itu?

1. Kopi atau teh
Menurut dr Christopher Andrian, M Gizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang, minum kopi saat sahur dan buka puasa memicu efek diuretik yang menyebabkan orang lebih sering buang air kecil. Bukannya kebutuhan air tercukupi, orang justru lebih mudah terkena dehidrasi. Oleh sebab itu, ia menyarankan jika ingin mengkonsumsi kopi dan teh, harus disertai dengan asupan cairan lain.

Baca Juga:
Hindari Makan Durian dan Minum Soda Secara Bersamaan, Ini Bahayanya

“Diuretik membuat pipis terus. Minum kopi saat sahur. Habis itu pipis, pipis, pipis. Saat puasanya, dehidrasi. Haus banget. Kering. Itu akan membuat risiko juga, baik dari kopi atau teh karena sama-sama kafein,” kata dr Christopher dikutip dari detikcom.

2. Minuman bersoda
Minuman bersoda menyebabkan masalah pencernaan. Dr Christopher mengatakan soda membuat perut kembung dan bergas sehingga menurunkan kualitas pencernaan. Selain itu minuman bersoda menyebabkan sakit maag bertambah parah.

3. Minuman bergula tinggi
Mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka sebenarnya dibolehkan asal tidak berlebihan. Dr Christopher menjelaskan tujuan minuman manis adalah mengembalikan kadar gula darah yang turun selama puasa. Namun, minum manis berlebihan apalagi dengan kadar gula tinggi justru menimbulkan efek kantuk dan lapar.

Baca Juga:
Hah! Jutaan Ikan Mati Menyumbat Sungai Australia Di Dekat Kota Terpencil, Kok Bisa

“Karena semua aliran darah semua langsung ke situ. Terus risikonya lapar lagi. Kenapa? Karena ketika kita minum manis, insulin tubuh akan menanjak naik buat mengimbangi gula yang masuk ke tubuh kita. Melonjak naik, gula darah kita akan cepat turun. Memberikan respon jadi lapar jadi akan makan lebih banyak lagi,” jelasnya

Dikutip dari Daily Trust, minuman bergula tinggi berpotensi menaikkan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena minuman tersebut tidak mengandung nutrisi yang baik dan tinggi kalori.

(Rik)

Komentar

Terbaru