Anies Ajak Masyarakat untuk Salam Merdeka ala Soekarno

  • Sabtu, 19 Agustus 2023 - 14:48 WIB
  • Nasional

Manaberita.com – Anies Baswedan Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), mengajak masyarakat untuk memekikkan salam kemerdekaan dengan tangan terbuka, bukan mengepal.

Anies menyampaikan hal tersebut ketika mengikuti upacara Peringatan HUT ke-78 RI bersama ratusan warga di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (17/8).

Menurutnya ‘salam kemerdekaan’ dengan tangan terbuka itu sebagaimana yang dilakukan Presiden pertama RI yang juga tokoh proklamator kemerdekaan, Sukarno.

Baca Juga:
Demokrat Tolak Yenny Wahid Jadi Cawapres Anies

“Izinkan saya mengajak semua untuk memekikkan salam kemerdekaan, salam kebangsaan. Tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa salam kebangsaan itu tangannya tidak mengepal, salam kebangsaan itu dengan tangan terbuka, itulah yang ditunjukkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia pada 31 Agustus 1945,” kata Anies.

Dilansir dari CNN Indonesia, Anies lalu memekikkan kata ‘merdeka’ dengan tangan terbuka, yang diikuti oleh warga yang mengikuti upacara.

“Alhamdulillah kita bersama-sama lempangkan salam merdeka itu tidak dengan tangan mengepal, tapi dengan tangan terbuka. Sebuah salam yang dengan mudah dijawab dengan rasa kebersamaan,” kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga:
Fadli Zon Akui Susun Perjanjian Politik Anies-Prabowo

Anies juga mengatakan makna 17 Agustus adalah perayaan bagi seluruh rakyat, bukan hanya momen upacara yang digelar negara dan jadi tontonan.

“Kami merasa setiap kali ada perhelatan 17 Agustus ini adalah perayaan rakyat, bukan sekadar upacara oleh negara yang ditonton oleh rakyat. Tapi perayaan oleh seluruh rakyat, dan kami di Lebak Bulus juga ikut merayakan kemerdekaan ini,” kata pria yang juga pernah menjabat Mendikbud itu.

(Rik)

Komentar

Terbaru