Jamur Crispy

MANAberita.com KAMU yang terbiasa menyantap nasi lalapan murah meriah pasti sudah tidak asing lagi dengan lalapan jamur crispy. Lauk yang satu ini termasuk salah satu yang paling populer di kalangan mahasiswa karena harganya yang sangat terjangkau namun tetap memuaskan selera.

Bagi yang pernah mencoba membuat sendiri jamur crispy di rumah, mungkin tak sedikit yang mengalami kegagalan. Seringnya tampilan jamur crispy tidak keriting sempurna, meskipun kerenyahannya sudah memuaskan. Bahkan penggunaan tepung goreng crispy instan pun tidak bisa menghasilkan gorengan jamur yang sesuai harapan.

Sebenarnya rahasia untuk membuat gorengan yang renyah dan keriting adalah baking soda, air es, tepung pencelup, dan tepung pelapis. Selain itu, jamur yang sudah berbalut tepung harus diremas-remas agar tepung sedikit menggumpal di permukaan dan benar-benar keriting saat digoreng.

Melansir @manaberita dari laman merdeka.com. Berikut ini kami tampilkan resep jamur crispy yang enak, keriting, dan renyah. Ikuti seluruh langkah yang ada agar hasil masakan memuaskan.

Bahan:
500 gram jamur tiram

Bahan tepung pencelup:
100 gram tepung terigu protein sedang
1 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh baking soda
200 ml air es

Bahan tepung pelapis:
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung maizena/tepung kanji
1/2 sendok teh garam

Minyak goreng secukupnya
Saus sambal botolan/sambal bangkok secukupnya

Cara membuat:
Potong jamur tiram yang kuntumnya lebar menjadi seukuran satu suapan.

Haluskan bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.

Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.

Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan jamur tiram di tepung pelapis. Pastikan seluruh bagian jamur diselimuti lapisan tebal. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.

Baca Juga
Berikut Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bahayanya Bagi Kesehatan
Sarapan Mewah dan Murah! Yuk Cobain Resep Pizza Singkong Bumbu Sambal Goreng
Punya Nangka Di Rumah? Yuk Bikin Bolu Nangka, Ini Resepnya

Goreng jamur tiram di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.

Angkat jamur tiram dari penggorengan begitu warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.

Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu sajikan dengan sambal. (Int)