Winnie Harlow

MANAberita.com — NAMA Winnie Harlow memang dikenal sebagai model berkulit belang. Ia memiliki kulit yang gelap dengan corak putih. Ia memiliki penyakit vitiligo. Ia terkenal setelah berhasil masuk ke sebuah ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, America’s Next Top Model (ANTM). Ia adalah Chantelle Brown-Young alias Winnie Harlow atau Chantelle Winnie.

Mengutip CNN, Wanita keturunan Jamaika ini lahir pada 27 Juli 1994. Ketika lahir, ia tampak normal. Namun saat ia menginjak usia empat tahun, sebuah kelainan pigmen bernama vitiligo menyerangnya. Vitiligo adalah sebuah kondisi sebagian kulit kehilangan pigmen, berupa kematian sel pigmen, ataupun ketidakmampuan pigmen dalam membuat warna kulit.

Vitiligo membuat kulit Winnie Harlow berbercak-bercak, namun itu tidak menyurutkan semangatnya.

Winnie tumbuh dengan vitiligo yang ia bawa. Karenanya, wanita ini kerap mendapatkan perlakuan diskriminatif dan ejekan yang berasal dari sekelilingnya. Panggilan ‘sapi’, ‘zebra’, dan semacamnya kenyang Winnie dapatkan. Tapi satu hal yang tak pernah terpengaruh dari ejekan itu, ia bercita-cita menjadi model, yang biasanya diidentikkan dengan wanita langsing, putih, dan cantik.

Dibesarkan oleh orangtua tunggal, sekaligus harus hidup dengan ejekan dan hinaan, membuat Winnie kerap bergonta-ganti sekolah. Dia akhirnya memutuskan berhenti pada usia 16 tahun. Dia juga berusaha ikhlas menerima perbedaan pada kulitnya, yang tak sama dibanding orang pada umumnya.

Meski bisa menerima kondisi diri sendiri, tak serta merta orang lain berbuat hal yang sama. Winnie pun harus tabah menerima penolakan demi penolakan dari para agensi model, hanya karena kulitnya yang ‘bermotif’.

Hingga pada suatu hari di 2013, seorang artis YouTube lokal Amerika Serikat meminta Winnie untuk menjadi bagian dalam video klip miliknya setelah menemukan fotonya di Facebook. Artis tersebut adalah Shannon Boodram.

Dari situ, Dewi Fortuna seolah mengikuti Winnie. Foto wanita berkebangsaan Kanada ini ‘ditemukan’ oleh seorang supermodel dan penggagas ANTM, Tyra Banks. Banks meminta Winnie datang ke Los Angeles guna keperluan audisi. Tak disangka, keunikan kulit yang dia miliki membuatnya lolos menjadi model terpilih, di musim ke-21 serial pencarian bakat model paling digemari di dunia tersebut.

Memiliki kulit unik dan modal foto di media sosial tidaklah cukup membuat Winnie bertahan dalam persaingan sengit penuh drama di ANTM 21. Ia harus tersingkir di episode ke-4. Namun, ia sempat masuk kembali dalam barisan kontestan di episode ke-10, tetapi tersingkir lagi di episode ke-13. ANTM musim tersebut dimenangkan oleh Keith Carlos, pria pertama yang menjadi pemenang di ANTM.

Meski tak menjadi pemenang serial ANTM, tak lantas membuat Winnie pulang kampung tanpa hasil. Ia direkrut oleh seorang penyanyi rap terkenal yang berduet dengan penyanyi Australia yang tengah naik daun. Winnie direkrut oleh Eminem dan Sia dalam video klip duet mereka, ‘Guts Over Fear’.

Winnie juga didapuk menjadi model berbagai label internasional. Ia menjadi model label Dasigual yang berbasis di Barcelona, Spanyol. Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Winnie mengungkapkan tema pakaian Dasigual kala itu adalah polkadot, yang senada dengan kondisi kulitnya yang unik.

Bukan hanya Dasigual, Winnie pun laris manis mendapatkan kesempatan mejeng di berbagai kesempatan. Sebut saja London Fashion Week, ketika ia terpilh menjadi model dari label Ashish. Lalu label asal Italia, Diesel, juga memilihnya untuk menjadi model koleksi musim semi dan musim panas.

Selain bersinar di dunia mode, Winnie juga aktif menjadi pembicara mewakili penderita vitiligo. Sebelum tenar, ia pernah membuat sebuah video di YouTube berjudul ‘Vitiligo: A Skin Condition, not a Life Changer’, pada 2011. Video itu menerangkan kisahnya sendiri dan menjawab berbagai macam pertanyaan mengenai apa yang tengah terjadi pada tubuhnya.

Sebenarnya ada banyak perawatan yang dapat Winnie lakukan untuk menyembuhkan vitiligo yang ia miliki, mulai dari terapi ultraviolet, pewarnaan kulit, pengobatan topikal, bahkan hingga operasi. Namun semuanya tak membuat Winnie tertarik. Ia lebih memilih menghargai apa yang telah ia miliki saat ini. Walaupun, hingga saat ini masih ada yang mencela Winnie dan menganggapnya sebagai antek-antek label kosmetik.

“Ini hidup saya. Saya bahagia dengan apa yang akan dikerjakan orang lain. Entah itu menghitamkan alis, suntik bibir, potong rambut, liposuction, terserah. Orang berpikir saya menipu diri sendiri, karena saya sangat bangga dengan kulit yang saya perjuangkan, bahwa tidak ada perbedaan antara kulit saya dengan yang lainnya. Saya sedang tidak melawan siapapun selain menjadi bahagia,” kata Winnie, seperti dilansir The Guardian.

Meski ia telah dikenal banyak orang, namun Winnie masih dalam pencarian agensi yang sesuai hatinya. Bagi Winnie, bagaimanapun ia adalah model, tak peduli dengan kondisi kulit yang ia miliki. Winnie tak ingin selamanya hanya menjadi duta untuk vitiligo. Winnie pun tak peduli dengan semua haters yang menyerangnya sejak ia masih menjadi bagian ANTM.

“Bila suatu kali kulit saya menghitam semua, saya tetaplah seorang model. Sama dengan bila kulit saya putih, saya tetap seorang model. Saya tidak tergantung pada kulit saya. Saya hanya seorang model dengan kondisi kulit yang khusus,” kata dia.

“Banyak yang bilang saya kena kudis, kusta, apapun. Tidak ada satupun yang benar. Kini semua dunia menatap saya, pilihan saya adalah membiarkan para haters mempengaruhi saya atau saya tetap mencari uang. Dan saya lebih memilih berdiri sembari menghitung jumlah tabungan saya,” katanya sembari tertawa.
Lihat videonya disini:

Baca Juga
Allahu Akbar, Begini Keadaan Korban yang Terjebak di Kapal Sinar Bangun
Setelah Viral Kakak Adik Dituduh Gay, Pengunggah Video Akhirnya Minta Maaf
Terlambat Siapkan Makanan Untuk Suami, Wanita Hamil 7 Bulan ini Diikat di Tiang dan Dianiaya Sampai Pingsan

Sun + Smiles = Happiness ☀️ 📷: @winnieharlow

A post shared by Wonderful World (@wonderful.world.pic) on