Awas! Inilah Tanda-Tanda Jika Kamu Mengalami Depresi

MANAberita.com — DEPRESI merupakan gangguan suasana hati yang dapat mempengaruhi pola pikir. Kalau dibiarkan apalagi penderitanya tidak tahu, nantinya bisa berakibat fatal bagi kehidupan penderitanya. Makanya penting untukmu memahami kondisi hati dan pikiranmu sendiri supaya kalau kamu mengalaminya, kamu bisa cepat mendapatkan bantuan.

Berikut adalah 5 tanda kamu mengalami depresi tanpa menyadarinya. Mulailah peka, kalau kamu mengalami tanda-tanda di bawah ini, kamu memang sedang menderita depresi.
1. Kamu memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi terhadap sesuatu

Kamu melupakan hal-hal penting dalam hidupmu dan malah tidak melakukan apapun. Saat diajak ngobrol atau disuruh melakukan suatu pekerjaan, kamu gagal berkonsentrasi walau kamu telah mencoba. Semuanya tampak tidak penting lagi bagimu dan membuatmu malas melakukan apapun.
2. Kamu mengalami gangguan tidur

Antara insomnia atau malah kelebihan tidur dimana kamu tidur lama sekali. Keduanya membuatmu tidak memiliki energi atau semangat untuk menjalani hari. Akhirnya kamu hanya akan berbaring di tempat tidurmu terus-menerus.
3. Berat badanmu turun atau naik drastis

Karena kamu memiliki masalah bantin, itu juga akan berpengaruh pada pola makan. Bisa jadi kamu merasa selalu lapar atau selalu kenyang sehingga tidak ingin makan apapun. Kamu harus segera mencari bantuan atas masalahmu tersebut sebelum berlarut-larut.
4. Tidak ada yang bisa membuatmu senang

Bahkan tontonan, makanan, atau hobi yang kamu biasanya suka tidak lagi mendatangkan kebahagiaan bagimu. Sebaliknya, kamu malah cemas, malas, dan tidak ingin melakukan, menonton atau memakan apapun. Yang ingin kamu lakukan hanya sendirian tanpa berbuat apa-apa dan ini merupakan hal yang tidak boleh kamu diamkan.
5. Kamu selalu berada dalam posisi tidak mood

Entah itu jadi sering marah, diam, menolak bicara, menyendiri ataupun tidak ingin melakukan apa-apa bisa menjadi tanda kamu sedang mengalami depresi. Kalau kamu mendiamkannya, nantinya kamu akan jadi lebih jauh dari lingkunganmu dan semakin membuatmu merasa sendirian. Penderita depresi butuh dukungan mental dari orang sekitar dan mereka tidak bisa membantumu kalau kamu tidak mengizinkan.

Baca Juga
Menyimpan Dendam? Siap-Siap Punya Penyakit ini!
10 Alternatif Nama Bayi Perempuan Bahasa Korea
3 Kebiasaan Yang Sebabkan Organ Intim Berbau Tidak Sedap!

Jangan dibiarkan dan menganggap hal itu bisa hilang dengan sendirinya. Kamu harus segera memulihkan perasaanmu dengan melakukan hal yang kamu suka atau juga sharing dengan orang terdekat. Kamu sendiri yang tahu kondisi perasaanmu jadi kamu juga yang harus berjuang menjaganya tetap sehat.

(Sumber: IDNtimes)