Air mawar

MANAberita.com — AIR mawar yang sering dipakai sebagai pengharum ternyata juga memiliki beragam manfaat lain untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan pada air mawar mampu mengoksidasi kulit agar menjadi lebih lembab dan halus. Selain itu, banyak cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mengaplikasikan air mawar untuk bahan atau pengganti beberapa produk skincare yang lain.

Nah tanpa perlu lama-lama, ini nih beberapa manfaat air mawar untuk kulit wajahmu. Cukup simple dan mudah diterapkan lho! Mau tahu apa aja? Cek di bawah ini!
1. Meredakan dark circles

Kamu sering mengalami gangguan mata sembab karena terlalu lelah bekerja atau kurang tidur? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan air mawar untuk merilekskan bagian mata yang terlalu tegang atau lelah karena aktivitas seharian. Memiliki kegunaan yang sama seperti kandungan dalam mentimun atau aloe vera, air mawar juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan lingkaran mata hitam kamu.

Cukup siapkan kapas, tuangkan beberapa tetes air mawar kemudian kompres di bagian mata. Diamkan selama beberapa menit agar dapat lebih terserap kulit dan lebih menenangkan.
2. Toner

Selain sebagai penenang di bagian mata, air kulit mawar juga bermanfaat ketika dipakai sebagai toner. Kandungan di dalamnya seperti zat anti inflamasi, anti bakteri, dan antioksidan akan membantu menghidrasi kulit.

Selain itu, air mawar juga dapat bekerja pada lapisan kulit terdalam untuk menghindarkan dari jewarat dan menjaga kulit wajah tetap bersih. Kulit kamu juga bisa lebih halus serta lebih lembut setelah memakai toner air mawar ini.
3. Menghapus riasan mata

Saat kamu tengah kehabisan makeup remover, kamu juga bisa memanfaatkan air mawar sebagai pembersih di area riasan mata. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan jojoba oil terlebih dahulu, gunakan kapas dan oleskan perlahan di bagian yang ingin dibersihkan.

Air mawar punya efek membersihkan yang gak kalah dengan pembersih dari produk lain, air mawar juga cukup ampuh membersihkan riasan mata dengan produk waterproof tanpa menyebabkan iritasi.
4. Campuran DIY face mist

Bukan hanya wangi dan melembabkan, air mawar juga bisa kamu coba untuk membuat DIY face mist atau setting spray dengan campuran beberapa bahan lainnya. Caranya adalah dengan mencampurnya menggunakan aloe vera, dan air putih.

Baca Juga
Nah, Lho! Menahan Kantuk Ternyata Berbahaya!
4 Dasar Makeup Pemula yang Harus Kamu Kuasai
Lah?? Kebiasaan Dilarang di Indonesia ini Justru Dianggap Unik di Korea Selatan

Face mist dari air mawar ini cukup ampuh untuk mempertahankan riasan makeup kamu supaya tetap fresh dan on point. Cukup praktis dipraktikan sendiri di rumah, kamu jadi gak perlu keluar budget buat beli face mist lagi deh!
5. Mengurangi peradangan

Minyak mawar juga memiliki kandungan zat anti inflamasi sebagai pengobat iritasi atau peradangan akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa mengoleskan perlahan dengan kapas pada bagian yang terjadi iritasi secara rutin, lambat-laun bekasnya akan memudar. Kulit jadi lebih halus dan lembut karena khasiat esensial dari air mawar tersebut. Untuk mengatasi kulit kering setelah memakai facial wash, kamu juga bisa memakai air mawar untuk menghidrasinya agar lembab lagi.

Itu dari beragam manfaat air mawar yang bisa kamu praktikan sebagai skincare rutin. Cukup mudah bukan, selamat mencoba girls! (Zee)