Makanan penyubur sperma

MANAberita.com — ASUPAN nutrisi tertentu dapat meningkatkan kualitas sperma. Sementara, kondisi sperma yang baik dianggap turut mendukung kelancaran program hamil. Nah, untuk mendapatkannya cobalah konsumsi makanan penyubur sperma.

Intinya, makin tinggi kadar antioksidan dan mikronutrisi pada makanan, termasuk vitamin C, maka makin tinggi kualitas sperma. Yang dimaksud dengan mikronutrisi adalah zinc, asam folat, vitamin C, dan vitamin E.

Ini Beragam Makanan Penyubur Sperma
Brokoli dapat membantumu menyuburkan sperma.

Loading...

Siapa yang menyangka bahwa kamu ternyata sering melihat jenis-jenis makanan penyubur sperma. Apa saja makanan yang dimaksud?

1 Tiram untuk meningkatkan produksi sperma

Tiram dikenal memiliki kemampuan sebagai afrodisiak, yakni perangsang alami bagi kaum pria. Selain itu, fakta yang ada menyatakan bahwa konsumsi 15 gram tiram sehari cukup untuk menjaga asupan zinc untuk meningkatkan produksi sperma.

Bagaimana jika tidak ada tiram? Tidak perlu cemas karena masih ada biji labu, lobster, ayam kalkun, atau remis sebagai penggantinya.

2 Kacang kenari dan pisang untuk meningkatkan jumlah sel sperma yang dihasilkan

Beruntung bagi yang menyukai kacang kenari sebagai camilan. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada kacang kenari bermanfaat meningkatkan jumlah sel sperma yang dihasilkan.

Selain itu, asam lemak ini dapat meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi. Sebagai pengganti kacang kenari, ada daging ayam, salmon, dan kepiting sebagai makanan penyubur sperma yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi.

Pisang juga berfungsi serupa. Pisang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1 tinggi untuk mendorong tubuh dalam memproduksi sperma lebih banyak.

Selain itu, pisang juga mengandung bromelain yang bermanfaat bagi kesehatan seksual pria. Serta, dipercaya dapat meningkatkan libido pasanganmu, lho.

3 Cokelat hitam dan asparagus untuk meningkatkan volume sperma

Salah satu penyebab infertilitas pada pria adalah paparan radikal bebas yang berlebihan dari polusi udara dan racun lainnya. Dalam hal ini, cokelat hitam yang mengandung antioksidan dan asam amino tinggi dapat dimanfaatkan untuk melawan infertilitas.

Kedua nutrisi ini mampu mendukung tubuh meningkatkan volume sperma sekaligus menghasilkan jumlah produksi sel-sel sperma. Beberapa potong cokelat hitam sehari sudah cukup untuk mendukung kesuburan pria.

Selain itu, ada asparagus untuk meningkatkan volume sel sperma. Hal ini berkat kandungan vitamin C-nya yang tingg. Vitamin C juga dapat mencegah kerusakan DNA sel sperma dan menjadikannya dapat bergerak lebih cepat.

4 Sayur-sayuran untuk meningkatkan pergerakan sel sperma

Brokoli, bayam, aprikot, wortel, dan kentang adalah makanan penyubur sperma yang diandalkan agar sel sperma lebih sehat. Pasalnya, sayuran tersebut mengandung vitamin A tinggi. Kekurangan vitamin A menjadikan sel sperma yang dihasilkan tidak enerjik.

Bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Bawang putih mengandung selenium yang berguna meningkatkan kemampuan bergerak sel sperma.

Selain selenium, bawang putih mengandung allicin yang bermanfaat melindungi sperma dari kerusakan DNA dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Satu atau dua siung bawang putih sehari sudah cukup.

5 Buah-buahan tinggi vitamin C untuk sperma yang lebih sehat

Tidak hanya aneka sayuran yang dapat meningkatkan pergerakan sel sperma. Kamu juga bisa membuat variasi menu makanan dengan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C.

Vitamin C adalah salah satu vitamin larut air yang berfungsi sebagai antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan adanya kaitan antara tercukupinya kebutuhan vitamin C pada pria dengan kualitas pergerakan dan jumlah sperma yang dihasilkan.

Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat kamu dapatkan dengan mengonsumsi jeruk, stroberi, dan kiwi.

Baca Juga
Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin, Ada yang Sampai Memar Misterius
Mau Lebaran Lebih Glowing? Inilah Tips Menutup Pori-Pori Wajah
Bukan Ada yang Naksir, Waspadalah Jika Ada Bintik Putih di Kuku

Sebagai tambahan, ginseng juga dapat dimanfaatkan. Cobalah berikan pasanganmu secangkir teh ginseng tiap hari khusus untuk meningkatkan hormon testosteron pada dirinya. (Ila)

(Sumber: Okaydoc)