MANAberita.com — KAMU memperhatikan kulit Si Kecil yang semakin besar jadi semakin gelap? Hal tersebut bisa jadi terjadi karena Si Kecil sudah mulai banyak kegiatan di luar ruangan.

Apalagi balita 3 tahun mulai banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga terpapar radiasi matahari yang membuat kulitnya kasar dan gelap.

Namun memutihkan kulit balita tentu tidak boleh dilakukan sembarangan ya,.

Loading...

Tapi tenang, dikutip dari Oramimagazine, ada kok cara aman memutihkan kulit balita. Seperti apa? Yuk kita cari tahu!

  1. Pasta Susu dan Kunyit

Seperti dituliskan dalam buku A Beginner’s Guide to Burns, memberikan pijatan ringan dengan pasta yang terbuat dari susu dan bubuk kunyit dapat membantu memutihkan kulit balita.

Biarkan pasta tetap menempel sampai mengering sebelum membersihkannya dengan kain atau handuk basah. Setelah itu, mandikan Si Kecil sampai bersih tanpa menggunakan sabun.

  1. Oleskan Yogurt, Tomat, dan Oatmeal

Saat kulit Si Kecil terlihat mulai kasar dan menggelap, segera buat campuran yogurt, ekstrak tomat, dan oatmeal lalu balurkan ke kulitnya.

Menurut laman Health Guidance, tomat sendiri mengandung antioksidan kuat bernama lycopene, yang dapat meningkatkan perlindungan kulit, produksi kolagen, dan mempercepat regenerasi sel kulit.

  1. Oleskan Gel Lidah Buaya

Walau tidak bisa mengubah warna kulit, gel lidah buaya mengandung komponen yang dapat meningkatkan regenerasi sel kulit serta menghambat hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit.

Moms juga bisa mengoleskan lidah buaya pada kulit balita yang terlihat kemerahan atau tidak sehat agar kulitnya terlihat putih dan cerah.

Namun, ada baiknya Moms mengetes ketahanan kulit balita terhadap gel lidah buaya dengan terlebih dahulu mengoleskannya pada pergelangan tangan. Jangan lanjutkan bila muncul gatal atau bentol ya, Moms.

  1. Masker Daun Mint dan Madu

Mint bukan hanya enak untuk ditambahkan ke dalam makanan dan minuman, tapi juga bisa membantu memutihkan kulit balita lho, Moms.

Menurut Times of India, mint dapat memberikan efek menenangkan yang membuat kulit lebih rileks dan mulai meregenerasi selnya sehingga tampak lebih cerah dan sehat.

Cukup giling atau ulek daun mint, lalu tambahkan madu sampai membentuk tekstur pasta kental. Oleskan ke wajah balita secara rutin dan lihat perubahannya dalam waktu beberapa minggu.

  1. Pijat Dengan Minyak Kelapa

Sentuhan penuh kasih sayang dari pijatan Moms bukan hanya penting untuk mendukung tumbuh kembang, tapi juga bisa jadi cara memutihkan kulit balita.

Menurut buku Perfect Health for Kids: Ten Ayurvedic Health Secret, saat Moms rutin memberikan pijat ringan dengan olesan minyak kelapa hangat, kulit balita jadi selalu lembab sehingga teksturnya lebih lembut dan terlihat lebih bercahaya.

  1. Minum Sari Anggur

Supaya lebih efektif, memutihkan kulit balita juga perlu didukung dengan asupan gizi yang tepat dari dalam tubuh.

Rutin minum sari anggur yang mengandung antioksidan dan vitamin C dapat membantu merevitalisasi kulit balita, serta melindunginya dari radiasi ultraviolet dan radikal bebas penyebab noda gelap.

Baca Juga
Tanda Tubuh Anda Mengalami Stres Berat, Salah Satunya Insomnia
Ingin Menikah Lagi, Pria ini Justru Kena Skakmat Istrinya, Jleb Banget!!
Tertusuk Bulu Babi? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara ini!

Yang pasti, warna kulit apapun bukanlah masalah jika Si Kecil tumbuh sehat, cerdas, dan bahagia. Nah, apa Moms punya kiat untuk menjaga kesehatan kulit balita? (Dil)

(Sumber: Oramimagazine)