MANAberita.com – MUDIK hari raya Idulfitri biasanya menghabiskan waktu berminggu-minggu. Pemudik disarankan tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik.

Untuk pemudik yang meninggalkan motornya di rumah selama beberapa hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai pulang ke rumah setelah mudik malah mendapati motor bermasalah karena ditinggal lama.

Mengutip Detik.com, Laman MPM Honda Jatim memberikan tips meninggalkan motor dalam waktu yang lama. Sebab, meninggalkan motor terlalu lama bisa bikin rusak atau mengalami kendala saat digunakan kembali.

Agar tidak timbul masalah, sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama saat mudik sebaiknya bersihkan dulu motor kesayangan. Mencuci motor sampai bersih bisa menghindari karat di motor.

Kosongkan tangki bensin motor yang ditinggal sebelum pergi. Bahan bakar yang ada di dalam tangki dapat menguap dan memicu timbulnya karat.

Lalu, parkirkan motor menggunakan standar tengah. Setelah itu, beri alas pada ban depan untuk menghindari ban kempes karena menempel lama pada lantai. Kalau ban motor pakai cairan anti-bocor, sebaiknya posisikan pentil ban di bagian atas agar cairan anti-bocor tidak menggumpal di pentil.

Baca Juga
Letakan Sabun Batangan di Bawah Sprei, Ini Manfaatnya yang Tak Terduga
Manfaat dan Efek Samping Masker Susu Beruang untuk Wajah
Motor Maryati Lenyap Saat Parkir Dirumah Rudi

Perlu juga diganti oli karena di dalam oli yang lama sudah banyak kotoran yang mungkin akan mengendap dan membuat karat.

Sebelum meninggalkan motor, sebaiknya cabut aki. Hal ini untuk menghindari aki soak setelah ditinggal lama. Aki yang tidak dicabut dan ditinggal lama bisa soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen motor. (Ila)