Ilustrasi

MANAberita.com – ANDA mungkin salah satu orang yang sering mendapatkan pesan singkat (SMS) bersi doa. Memang benar bahwa SMS yang berisi doa adalah sesuatu yang baik untuk disebarkan, dengan tujuan mendoakan orang lain. Ketika Anda mendapatkan SMS seperti itu, apa yang biasanya Anda lakukan?

Setiap orang memiliki presepsi sendiri-sendiri ketika mendapatkan SMS doa. Mungkin Anda hanya memabacanya saja, membalas doa tersebut, atau membiarkannya saja. Namun, yang pasti, Anda patut berhati-hati ketika mendapatkan SMS doa dari nomor yang asing di ponsel Anda.

Loading...

Mengapa? Semakin berkembangnya teknologi, pola pikir manusia pun mengalami perkembangan, di antaranya menjadi melek teknologi, salah satunya mencuri melalui SMS. Dalam hal itu, mereka menggunakan sebuah trik tanpa unsur penipuan, yaitu dengan SMS doa. Contoh SMS doa tersebut misalnya seperti ini:

“Ya Allah, semoga yang memiliki HP ini dan keluarganya selalu dalam lindungan Allah, diberkahi rezeki dan dijauhkan dari marabahaya. Jawab Amin jika Anda berkenan.”

Melansir Naviri, sepintas Anda membaca SMS di atas tidak ada unsur penipuan, tidak ada yang mencurigakan, selain hanya orang yang sedang mendoakan Anda. Namun, ketika Anda membalas ‘Amin’, Anda akan melakukan registrasi otomatis sehingga pulsa Anda tiba-tiba berkuang, bisa 10 ribu ataupun hingga 100 ribu.

Baca Juga
Pesanan Paha Ayamnya Lupa Dibelikan, Wanita ini Tebas Leher Suaminya
Bukan Keracunan Kopi! Inilah Penyebab 4 Pria di Serpong Kejang-Kejang di Pinggir Jalan
Tidak Ada yang Mau Rawat Anaknya, Hakim Batalkan Perceraian Suami Istri Ini

Anda akan kecolongan karena tidak hanya pulsa saja yang hilang tiba-tiba, namun Anda juga tidak bisa melakukan unregistrasi.

Kejadian ini pernah dialami oleh pemilik akun facebook bernama Harun Wijaya yang menjadi korban SMS doa ini. Oleh karena itu, jangan pernah membalas Amin dengan sembarangan ketika mendapatkan SMS doa dari orang yang tak dikenal. Lebih baik amini dalam hati saja, agar tidak mengalami kerugian. (Alz)