MANAberita.com – KESEHATAN gigi jadi salah satu hal yang penting banget untuk kita jaga ya, girls.

Karena enggak bisa dipungkiri bahwa gigi memiliki peran yang fundamental dan erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kita.

Kalau punya gigi yang berlubang rasanya geregetan banget, ya!

Kalau enggak dicabut/ditambal, bakal berasa banget sakitnya, tapi kalau ditambalpun kita juga akan merasakan sakit. Serba salah!

Namun, menambal gigi yang berlubang adalah hal yang harus banget dilakukan lho, girls!

Karena kalau kita sampai enggak menambal gigi kita yang berlubang bisa mendatangkan efek dan bahaya yang enggak terduga.

Gigi berlubang yang enggak buru-buru ditambal bisa berakibat buruk bagi kesehatan mulut, belum lagi diperparah dengan sejumlah faktor seperti pola makan tinggi gula dan juga kebiasaan malas untuk menyikat gigi pada waktu yang tepat.

Yuk intip beberapa dampak negatif yang ditimbulkan kalau kita enggak segera menambal gigi berlubang!

  1. Infeksi

Jaringan mati yang tertinggal di belakang gigi akan membuat tubuh kita rentan terhadap abses (nanah) dan infeksi, bahkan kalau menjalar hingga rahang ataupun kelenjar bisa menyebabkan pembengkakan serta demam, lho!

Seorang profesor kedokteran gigi di Boston University, Carl McManama, mengatakan, “racun dari jaringan yang mati akan mulai berkembang menjadi infeksi bagi tulang lewat ujung akar. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan.”

Meskipun gejala ini terbilang jarang, namun apabila terjadi dan enggak segera diobati, infeksi juga bisa mengancam abses pada otak.

  1. Patah Gigi

Menurut McManama, gigi yang dibiarkan berlubang dalam jangka waktu lama akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah, berbeda dengan gigi dalam kondisi utuh.

“Ketika banyak gigi yang membusuk atau ada gigi yang mengalami lubang cukup lama, gigi itu akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah,” terang McManama.

  1. Kerusakan Syaraf

Apabila gigi dibiarkan berlubang dan telah mengalami pembusukan hingga bagian pulpa (syaraf), penderita nantinya akan mengalami rasa sakit yang luar biasa karena di tengah gigi ada sebuah lubang kecil yang menjadi tempat syaraf dan pembuluh darah.

“Ketika pembusukan mencapai pulpa (syaraf) gigi, saat itu lah pasien akan mulai merasakan sakit yang menyiksa,” ujar McManama lebih lanjut.

Hal itu lama kelamaan akan menyebabkan syaraf gigi mati, dan bila terjadi, kita membutuhkan perawatan khusus untuk mengobatinya, bahkan harus sampai melakukan pencabutan apabila gigi udah enggak bisa diobati.

Ilustrasi menambal gigi berlubang

  1. Gigi Mati

Jika terjadi infeksi pada syaraf gigi yang disebabkan oleh pembusukan, pembengkakan itu akan memotong suplai darah ke syaraf gigi dan secara enggak langsung bakal membunuhnya dengan perlahan.

Meskipun syaraf mati dan rasa sakit mendadak hilang, gigi yang berlubang tersebut tetap akan terus mengalami kerusakan dengan proses pembusukan.

Baca Juga
6 Tips Ampuh Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Secara Alami
Tidak Melulu Tentang Hamil, Inilah Faktor Utama Penyebab Wanita Terlambat Datang Bulan
Ternyata, Ada Pesan di Balik Posisi Jerawat

Itu tadi beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari gigi berlubang yang enggak segera ditambal.

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya segera tambal/cabut gigi yang berlubang ya, girls biar enggak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan!