Ilustrasi

MANAberita.com – SELAIN fungsinya untuk memberikan keturunan, berhubungan intim juga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Tak hanya itu, nikmatnya melakukan hubungan intim juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun psikis.

Terdapat anggapan bahwa seseorang yang rutin melakukan hubungan intim menjadi lebih jarang sakit. Hal ini karena manfaat hubungan intim ternyata tidak hanya dapat mempererat keintiman pasangan. Lantas, apa saja manfaat hubungan intim?

Berikut ini merupakan manfaat Manfaat Rutinnya Berhubungan Intim, melansir Jabar news.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wilkes University, Pennsylvania, AS menghasilkan fakta jika hubungan badan 1-2 kali (jangan lebih dari 3 kali) dalam seminggu efektif bisa meningkatkan kualitas antibodi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Kendati begitu, jangan serta merta hanya mengandalkan manfaat hubungan intim untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Imbangi juga dengan aktivitas sehat lainnya seperti olahraga dan rajin mengonsumsi makanan bergizi.

Membakar kalori

Sama halnya dengan olahraga, berhubungan intim adalah kegiatang yang bisa membakar kalori. Melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 kalori.

Kesehatan jantung

Sudah nikmat tiada dua, manfaat hubungan intim juga tidak main-main, loh. Ya, siapa sangka bahwa rutin melakukan hubungan badan dengan pasangan efektif dalam mencegah serangan jantung di kemudian hari.

Dengan rutin melakukan hubangan intim dengan teratur bisa mencegah terjadinya penumpukan zat homosistein. Apabila homosistein yang menumpuk lama bisa menyebabkan pembekuan darah di area jantung. Darah yang membeku tersebut sudah pasti meningkatkan risiko serangan jantung secara tiba-tiba.

Meningkatkan kebahagiaan

Menurut penelitian, sering melakukan hubungan seks yang berkualitas mampu meningkatkan rasa bahagia. Hal ini berkaitan dengan manfaat hubungan intim yang dapat membantu mengurangi stres.

Meningkatkan kedekatan pasangan

Orgasme melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan rasa kepercayaan dan mempererat ikatan di antara keduanya. Rutin berhubungan intim dengan satu orang juga meningkatkan level komitmen, sehingga risiko perceraian dapat ditekan.

Meningkatkan kontrol kandung kemih

Seiring pertambahan usia, wanita akan mengalami masalah kontrol kandung kemih sehingga urine dapat mengalir tanpa terkendali. Manfaat hubungan intim dalam hal ini bagi wanita adalah untuk membantu mengencangkan otot panggul bawah, dengan adanya kontraksi otot saat orgasme.

Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian, hubungan intim, tidak termasuk masturbasi, ternyata bermanfaat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Diduga hubungan intim membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, sekaligus mengurangi tekanan darah karena termasuk dalam aktivitas fisik dengan intensitas yang serupa dengan olahraga.

Meredakan nyeri

Manfaat hubungan intim lainnya adalah meredakan nyeri. Saat hubungan intim, otak melepaskan hormon endorfin. Endorfin tidak hanya membuat tubuh lebih rileks, tapi juga dapat meredakan nyeri, seperti migrain dan nyeri punggung.

Mengurangi risiko kanker prostat

Penelitian mengungkapkan bahwa ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan diduga mampu menurunkan risiko kanker prostat. Namun, belum ada penelitian yang memastikan penyebab mengapa seks dapat menurunkan risiko kanker prostat, sehingga dibutuhkan studi lanjutkan untuk membuktikan keterkaitan hal ini.

Memperkuat Tulang

Hubungan intim yang teratur dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Dengan begitu, potensi penipisan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis bisa diatasi.

Demikian pula dengan pria. Berhubungan badan efektif dalam meningkatkan hormon testosteron. Kadar hormon testosteron yang mencukupi tentu membuat tulang tidak rentan terhadap penyakit sepreti osteoporosis.

Memperpanjang Usia

Ingin mendapatkan manfaat berhubungan intim untuk memperpanjang umur? Rajin-rajinlah berhubungan badan dengan pasangan. Sebuah studi yang dilakukan di negeri Kangguru, Australia menemukan fakta bahwa orang yang setidaknya mengalami orgasme 3 kali seminggu memiliki harapan hidup 50 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang hanya orgasme sebanyak 1 kali dalam sebulan.

Baca Juga
Ibu ini Ungkap Biaya Cuci Darah Hanya Seharga Sepuluh Ribu Rupiah, Ternyata Begini Caranya
Nah Loh! Patah Hati Ternyata Bisa Bikin Kesehatan Kamu Terganggu
Takut Jerawatan? Stop Lakukan 5 Kebiasaan ini!

Nah, Manfaat bercinta secara intens ada banyak. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan perilaku seks yang aman dan sehat.

Selain itu, imbangi juga aktivitas seksual tersebut dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan jauhi kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Jadi, sudah siap bercinta dengan istri maupun suami malam ini? Semoga menyenangkan! (Alz)