Sariawan

MANAberita.com — HAMPIR semua orang, baik orang dewasa maupun anak kecil pernah mengalami sariawan. Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut. Daerah paling rawan terserang sariawan adalah pada dasar gusi, lidah, maupun pada permukaan bibir bagian dalam.

Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan. Rasa nyeri di rongga mulut ini mempengaruhi kegiatan sehari-hari, seperti makan, minum, dan berbicara menjadi sulit. Penyebabnya bisa berupa faktor genetik, stres, kekurangan gizi, alergi makanan dan bahkan infeksi usus.

Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau malah beberapa buah sekaligus. Untungnya, penyakit menyebalkan ini tidak menular.

Loading...

Setiap bangun tidur, kehadiran sariawan tidak heran selalu menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Biasanya, seseorang akan kesulitan membuka mulut karena rasa nyeri yang diderita. Sebenarnya sariawan bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Namun, proses menutupnya luka akan berjalan lama jika tidak diimbangi dengan usaha.

Ada beberapa cara untuk mengobati sariawan, khususnya yang berada di lidah. Untuk itu, berikut ulasannya, dikutip dari Liputan6.

Air Garam

Cara mengobati sariawan di lidah yang pertama adalah dengan memanfaatkan air garam. Kandungan dalam garam yang bersifat anti radang dan anti bakteri dapat mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut.

Cukup campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur. Lalu bilas dengan minum air putih.

Madu

Madu memang dikenal sebagai cairan dengan sejuta manfaat. Kamu pun dapat menggunakan madu sebagai cara mengobati sariawan di lidah. Selain dapat melembabkan wajah dan bibir, madu bisa mempercepat proses pemulihan.

Caranya pun sangat mudah. Kamu dapat mengoleskan madu pada bagian lidah tempat sariawan bersarang. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

Lidah Buaya

Cara mengobati sariawan di lidah selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Air Kelapa

Selanjutnya, cara mengobati sariawan di lidah adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Bisa pula menggunakan minyak kelapa. Caranya berupa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu dioleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

Kantong Teh

Kantong teh mengandung asam tanin yang mengandung anti virus yang bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Cara mengobati sariawan di lidah yang satu ini tidak akan membuat perih. Kamu cukup menggunakan kantong teh bekas dan menempelkannya pada lidah sekitar lima menit.

2 of 3
Cara Mengobati Sariawan di Lidah
Es Batu

Sariawan yang membengkak dan melebar pasti akan terasa sangat menyakitkan. Untuk itu, kamu bisa praktikkan cara mengobati sariawan di lidah berikut ini. Caranya dengan menggunakan es batu.

Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Selain itu, rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan. Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada sariawan yang ada di lidah.

Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak heran, susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan di lidah. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

Kunyit

Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat anti inflamasi dan antibiotik. Kamu bisa memanfaatkan kunyit yang ada di dapur rumahmu untuk mengobati sariawan. Caranya dengan mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang besar. Alhasil, jika kamu banyak mengonsumsi sayuran sehat ini, sariawanmu akan berangsur sembuh. Makan tomat mentah setidaknya 3-4 kali sehari bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan secara alami.

Plain Yogurt

Baca Juga
Jangan Anggap Enteng! Inilah Penyebab Mata Kerap Berair
Berikut Tips Menghemat Baterai Saat Perjalanan Mudik
5 Bahan Ini Bisa Menyuburkan Sperma! Catat!

Tahukah kamu bahwa yogurt dapat menjadi alternatif mengobati sariawan di lidah? Akan tetapi, kamu harus menggunakan plain yogurt tanpa pemanis ataupun perasa.

Mengonsumsi yogurt tawar dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area sariawan. (Ila)