Topan Nanmadol Membuat Jutaan Orang di Jepang Mengungsi

Manaberita.com – TOPAN Nanmadol mendarat di pantai barat daya Jepang, mendorong pihak berwenang untuk mendesak jutaan orang mengungsi dari hujan dan angin kencang.Topan kuat menghantam daerah dekat Kagoshima pada Rabu, Badan Meteorologi Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat di situsnya. 4 juta orang di Jepang telah diperintahkan untuk mengungsi. Topan itu mendarat di dekat pulau selatan Yakushima, membawa angin permukaan maksimum 162km/jam (101mph) saat perlahan-lahan menuju utara ke Kyushu, pulau terbesar ketiga dan paling selatan di negara itu, di mana topan itu mendarat di kemudian hari, Badan Meteorologi Jepang kata agensi.

Melansir dari Aljazeera, Nanmadol diperkirakan akan berbelok ke timur dan mencapai Tokyo pada hari Selasa. Penyiar NHK mengatakan pihak berwenang setempat telah memerintahkan empat juta orang yang tinggal di Kyushu untuk mengungsi, dengan JMA memperkirakan bahwa pulau itu dapat menerima hujan sebanyak 500mm (20 inci) dan hembusan angin hingga 250km/jam (155mph). Badan tersebut juga memperingatkan penduduk di daerah yang terkena dampak banjir, tanah longsor, serta tingkat angin dan gelombang yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, dan mendesak mereka untuk mengungsi lebih awal.

Pihak berwenang setempat telah melaporkan tidak ada kerusakan besar atau cedera sejauh ini. Di prefektur Kagoshima yang terkena dampak parah, lebih dari 9.000 penduduk berlindung di pusat-pusat evakuasi pada hari Minggu. Di prefektur Miyazaki yang berdekatan, 4.700 orang lainnya dievakuasi. Kyushu Electric Power Co mengatakan lebih dari 93.000 rumah di seluruh pulau itu tanpa listrik pada hari Minggu karena kerusakan pada saluran listrik dan fasilitas.

Rekaman di televisi NHK menunjukkan ruang pinball pachinko dengan sebagian dinding kacanya hancur oleh hembusan angin di kota Kanoya di Kagoshima. Di tempat lain di prefektur, seorang wanita tua menderita luka ringan saat dia jatuh, kata NHK. Ratusan penerbangan domestik masuk dan keluar dari wilayah tersebut telah dibatalkan dan lebih banyak lagi direncanakan akan dilarang terbang di Jepang barat hingga Selasa saat topan menuju timur laut, menurut Japan Airlines dan All Nippon Airways.

Transportasi umum, termasuk kereta api dan bus, di Kagoshima dan Miyazaki ditangguhkan sepanjang hari Minggu. Operator kereta api mengatakan kereta peluru di Kyushu telah ditangguhkan. Badai diperkirakan akan membelok ke timur dan melewati pulau utama Jepang Honshu awal minggu depan sebelum pindah ke laut pada hari Rabu.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Sun, 05 Feb 2023
Polisi Korban Pemerasan Sesama Polisi Ajukan Mundur dari Polri: Capek Tak Diusut-usut

MANAberita.com – ANGGOTA Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih, yang saat ini...

  • Sun, 05 Feb 2023
Mendag Bakal Atur Beli Minyakita Pakai KTP, Siap-siap Dibatasi 5 Kg Perorang

MANAberita.com – MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengungkapkan akan mengatur pembelian Minyakita di...

  • Sun, 05 Feb 2023
Ahmad Dhani Ungkap Alasan Tak Sapa Prabowo di Konser Dewa 19

MANAberita.com – AHMAD Dhani mengakui tak sapa Prabowo yang hadir dalam Konser...

  • Sun, 05 Feb 2023
Pengakuan MSA Buntut Mobil Dinas Bawa Wanita Bugil

MANAberita.com – PELAJAR SMA yang mengalami kecelakaan saat tengah mengendarai mobil dinas Kasubbag...

  • Sun, 05 Feb 2023
Desainer Paco Rabanne Tutup Usia

MANAberita.com – PERANCANG busana asal Spanyol Paco Rabanne tutup usia di usia 88...

  • Sat, 04 Feb 2023
Ketua DPRD Jambi Minta Kasubag Nonaktif Buntut Mobil Dinas Dipakai Anak

MANAberita.com – KETUA DPRD Provinsi Jambi meminta salah satu kepala...

Press ESC to close