Setiap Rokok Kanada Akan Segera Mencantumkan Peringatan Kesehatan, Sebelumnya Tidak?

Manaberita.com – MENURUT badan kesehatan nasional, Kanada akan segera mencetak label peringatan langsung pada rokok, yang pertama di dunia. Pada setiap batang rokok dalam kemasan baru, akan terdapat peringatan yang berbunyi, “Rokok menyebabkan kanker” dan “Racun di setiap isapannya.” Menurut Health Canada, aturan tersebut akan berlaku pada 1 Agustus. Pada tahun 2035, diharapkan kurang dari 5% orang Kanada menggunakan tembakau. Health Canada menyatakan bahwa aturan baru “hampir tidak mungkin untuk menghindari peringatan kesehatan” pada produk tembakau dalam pengumuman pada hari Rabu.

Melansir dari BBC, Pengecer di Kanada diharapkan hanya menyimpan produk tembakau dengan label peringatan baru yang dicetak langsung pada rokok pada April 2025, menurut badan kesehatan tersebut. Menurut Health Canada, produk-produk seperti rokok individu, cerutu kecil, tabung, dan produk tembakau lainnya akan diberi label pada kertas tip. Aksi tersebut dilakukan setelah masa konsultasi publik selama 75 hari yang dimulai tahun lalu.

Sampul rokok sudah memiliki label peringatan yang tercetak di atasnya. Selain itu, Health Canada mengatakan akan menambahkan pesan peringatan eksternal baru dan mencetak lebih banyak label peringatan di dalam paket itu sendiri. Penggunaan tembakau membunuh sekitar 48.000 orang Kanada setiap tahun, menurut pernyataan dari Carolyn Bennett, menteri kesehatan mental dan kecanduan Kanada. Ms Bennett menggambarkan perubahan sebagai “langkah berani,” menambahkan bahwa dengan menjadi negara pertama di dunia untuk label rokok individu dengan pesan peringatan kesehatan, “kami mengambil tindakan.”

Perhimpunan Kanker Kanada, Yayasan Jantung dan Stroke Kanada, dan Asosiasi Paru-Paru Kanada memuji tindakan tersebut dan mengungkapkan harapan bahwa hal itu akan mencegah orang mulai merokok, terutama kaum muda. Merokok sigaret diakui secara luas sebagai faktor risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, dan stroke. Meskipun Kanada berada di belakang Inggris, yang mulai mencetak label peringatan pada bungkus rokok pada tahun 1971, hal itu telah menjadi persyaratan sejak tahun 1989.

Pada tahun 1965, AS mengesahkan Undang-Undang Pelabelan dan Periklanan Rokok Federal, menjadikannya negara pertama di dunia yang mengamanatkan peringatan kesehatan pada bungkus rokok. Selama bertahun-tahun, label di ketiga negara telah berubah, terutama untuk menunjukkan efek negatif dari merokok dengan terkadang menampilkan gambar grafis selain teks. Tingkat merokok telah menurun secara signifikan sejak label peringatan diterapkan di AS. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa label bukanlah penghalang bagi orang dengan ketergantungan nikotin yang tinggi.

Baca Juga:
Tak Disadari! Ternyata Benda Beracun ini Pasti Ada di Rumah Kita!

Pada pertengahan tahun 1960-an, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan bahwa 42% orang dewasa AS merokok. Proporsi itu turun ke rekor terendah 11% pada tahun 2021. Namun tampaknya orang lebih sering menggunakan rokok elektrik. Sebuah survei Nasional Tembakau dan Nikotin tahun 2021 menemukan bahwa 10% atau kurang dari orang Kanada berusia 15 tahun atau lebih merokok. Menurut survei, tarif vaping lebih tinggi di luar negeri, sekitar 17%.

[Bil]

Komentar

Terbaru